x

Ribuan Pecinta Sepeda Onthel Jawa Bali Banjiri Banyuwangi

waktu baca 2 menit
Minggu, 26 Mei 2024 18:18 0 154 Redaksi Liputan86

BANYUWANGI, L86News.com – Sebanyak 2 ribu pesepeda kuno dari berbagai komunitas se-Jawa dan Bali yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) hadir untuk meriahkan festival onthel nusantara 2024 di Banyuwangi.

Para pencinta sepeda kuno menggayuh sepedanya mengelilingi jalanan kota Banyuwangi, mulai start dari Gor Tawang alun menuju tempat ikonik seperti Pendopo Banyuwangi, Taman Blambangan, Taman Makam Pahlawan dan finish di Marina Boom dengan jarak tempuh kurang lebih 15 km.

Selain itu, sepeda yang dipakai juga penuh variasi dan juga penampilan mereka kian menarik dengan mengenakan kostum dan aksesoris unik, seperti kostum tradisional, tentara veteran, dan macam lainnya.

Saat membuka festival onthel nusantara 2024, Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani menyampaikan Festival Onthel Nusantara kian melengkapi ajang sport tourism.

“Ajang ini menjadi warna baru dan semakin melengkapi ajang sepeda di Banyuwangi. Kami konsisten untuk menggelar event sport tourism seperti ini, karena event ini salah satu sektor penunjang wisata yang peminatnya sangat besar,” kata Ipuk.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat KOSTI, Purnomo Sugeng Raharjo, menyatakan Festival Onthel Nusantara di Banyuwangi merupakan jumlah onthelis terbanyak yang pernah ada sepanjang event ini digelar.

“Ini menjadi modal penting bagi kita untuk menunjukkan kapasitas kita ke dunia, terutama Indonesia akan menjadi tuan rumah konferensi sepeda klasik internasional pada tahun 2026 yang akan datang,” ujar Purnomo.

Di antara peserta, Hendro peserta dari Kabupaten Cilacap menuturkan senang rasanya berkumpul dan mengayuh sepeda bersama sama. Selain itu, juga ikut partisipasi meramaikan event ini yang di adakan Pemkab Banyuwangi.

“Seusai acara, kami akan berkeliling berwisata menuju tempat destinasi wisata yang ada di Banyuwangi,” tuturnya sambil menikmati indahya panorama boom beach.

Reporter : Ganda/MI


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca