x

Cek Kemampuan Fisik Anggota, Kodim 0429/Lamtim Gelar Kesemaptaan Jasmani Periodik I TA 2024

waktu baca 2 menit
Kamis, 16 Mei 2024 12:58 0 4 Redaksi Liputan86

LAMPUNG TIMUR, L86News.com – Kesemaptaan Jasmani digelar dalam rangka penilaian serta mengukur kemampuan fisik Personil Kodim 0429/Lamtim dan jajaranya, yang berlangsung di Lapangan SMPN1 Pekalongan, Desa Gantiwarno, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur, Kamis (16/5/2024).

Sebelum pelaksanaan, kegiatan diawali dengan apel pengecekan personel diambil alih oleh Pasi Pers Kodim 0429/Lamtim Lettu Arm J. Sigit dilanjutkan pemeriksaan kesehatan (tensi) oleh tim Kesehatan dari Polkesdim 0429/Lamtim.

Guna menghindari kram maupun cidera otot, dalam pelaksanaannya seluruh peserta Kesemaptaan jasmani melaksanakan senam peregangan dan pemanasan.

Dandim 0429/Lamtim Letkol Arm Arief Budiman, S.Sos., M.M melalui Pasipers mengatakan meskipun kesempatan jasmani periodik merupakan tolak ukur hasil pembinaan masing-masing prajurit namun faktor keamanan lebih utama.

“Sehebat apapun kegiatan jika ada insiden dianggap gagal. Oleh karena itu kami berpesan kepada peserta semapta periodik termasuk yang Usul Kenaikan Pangkat (UKP) agar memperhati kan kesehatan serta kemampuan masing-masing jangan terlalu memaksa namun juga laksanakan kegiatan ini dengan semangat dan maksimal”, ujarnya.

Lebih lanjut Pasipers berharap melalui tes samapta rutin setiap enam bulan sekali dapat mengukur dan mengetahui kemampuan jasmani prajurit di hadapkan dengan tantangan tugas yang semakin kompleks. “Sehingga dituntut prajurit yang profesional serta memiliki fisik yang tetap prima”, Tandasnya.

Adapun tes Kesamaptaan Jasmani yang dilaksanakan yaitu garjas A yakni lari selama 12 menit, dilanjutkan dengan garjas B meliputi Pull Up selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit serta Shuttle Run kemudian ketangkasan renang dasar 50 M yang akan di laksana kan hari berikutnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Kasdim 0429/Lamtim, Perwira Staf, Danramil jajaran, Anggota Bintara dan Tamtama.

Reporter : Tar/Pendim

LAINNYA
x
x