x

Bersama Muslim Reok, Bupati Manggarai Heribertus G,L Nabit Gelar Halal Bihalal

waktu baca 4 menit
Kamis, 18 Apr 2024 11:53 0 39 Redaksi Liputan 86

MANGGARAI, L86News.com – Setelah sekian lama pandemic Covid-19 melanda, Bupati Manggarai, Heribertus G,L Nabit menggelar kegiatan perdana halal bihalal memperingati hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah bersama umat muslim di Kecamatan Reok.

Berdasarkan pantauan media di lokasi, Bupati Nabit bersama rombongan OPD Kabupaten Manggarai tiba di gedung Islamic Center, Kelurahan Reo, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai pada, Rabu, (17/04/2024), Pkl. 19.36 Wita, melalui Seremonial adat.

Di tengah para undangan yang hadir pada kegiatan halal bihalal tersebut, Bupati Nabit dalam sambutannya menyampaikan ucapan salam dan selamat hari raya idul Fitri 1445 Hijriah kepada segenap umat muslim Kecamatan Reok yang hadir dalam acara halal bihalal tersebut.

“Pada tempat yang pertama, saya mengucapkan selamat merayakan hari raya Idul fitri 1445 hijriah bagi segenap umat muslim di Kecamatan Reok. Momentum perayaan idul fitri kali ini merupakan ajang silahturahmi di antara kita,” ucap Bupati Nabit

Tentunya lanjut Bupati Nabit, momentum perayaan idul fitri merupakan kemenangan yang sesungguhnya bagi semua orang beriman yang mampu melewati tantangan dan masa-masa sesulit itu, selama 30 hari berpuasa, itu adalah berkat dan hidayah.

“Tentunya selama di waktu 30 hari berpuasa, kita memaknai hidup untuk semakin dekat dengan Tuhan sang pemilik kehidupan.

Kalau kita mendekatkan diri kepada Tuhan, maka tuhan yang sesungguhnya yang kita jumpai adalah sesama manusia, sebagai tuhan yang kelihatan.

Marilah di antara sesama kita untuk saling memberi, berbagi dari keterbatasan yang kita punya, karena inilah makna kehidupan yang sebenarnya,” tutur Bupati Nabit

Lebih lanjut, dirinya juga mengajak menjadikan Syawal ini menjadi momentum titik awal untuk bertransformasi menuju pribadi yang bersih pikiran, perkataan dan perbuatan.

“Selain itu, Halal Bi Halal ini semoga menguatkan kembali ikatan tali silaturahim dan juga ikatan persaudaraan yang selalu mengendor dan melemah akibat menjalankan tugas dan kewajiban masing-masing,” lanjutnya.

Di kesempatan yang sama, Bupati Nabit menyampaikan permohonan ma’af kepada seluruh masyarakat Kecamatan Reok, terhadap progres pembangunan di Kecamatan Reok.

“Sampai saat ini pembangunan di kecamatan Reok masih ada yang belum tersentuh dan belum di kerjakan.

Pemerintah daerah tentunya juga memiliki keterbatasan, tetapi dalam hal ini kami percaya bahwa segala masukan yang terbuka terhadap pemerintah oleh masyarakat Kecamatan Reok merupakan hal positif demi kembali membangun dan mengerjakan apa yang belum kami kerjakan di Kecamatan Reok.

Kita sadar, pasti ada kendala, hambatan dan lainnya, tapi kita juga tidak boleh berdiam diri. Kita harus tetap bergerak mencarikan solusi dan penyelesaian nya,” kata Nabit

Dirinya mengajak jajaranya untuk tetap optimis mampu melewati tantangan ini dan berharap kedepan akan lebih baik lagi.

“Kita harus optimis dan tetap bergerak mencarikan solusi serta penyelesaiannya. Yakinlah semua tantangan pasti dapat diselesaikan,” ucapnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Manggarai itu menyampaikan bahwa pihaknya akan menerima segala masukan serta saran dalam membangun Bumi Manggarai.

“Saran dan masukan yang disampaikan, kami terus menerima dan berterima kasih. Semua itu adalah untuk perubahan Kabupaten Manggarai agar lebih baik lagi,” tandasnya

Kita juga akui, seringkali kita membutuhkan orang lain untuk memberikan masukan kepada kita soal kekurangan itu.

“Harus ada orang lain yang perlu mengingatkan kita, walaupun dalam hal sakitpun, kadang kita tidak sadar, jiwa, pikiran juga bisa sakit. Saya berharap lebaran tahun ini membeningan nurani menghaluskan budi. Agar apa yang kita sampaikan dapat memberikan energi positif bukan yang negatif.

Semoga harapannya ke depan kita harus lebih membuka diri memberi tahu soal terhadap progres pembangunan di Kabupaten Manggarai terhadap pencapaian yg belum kita capai, dan tentunya kita butuh orang lain dapat melakukan tambahan masukan dari kekurangan itu.

Di akhir sambutannya, Bupati Heri menyampaikan harapan dan dukungannya terhadap keberadaan kehidupan masyarakat kecamatan reok yang plural, agar senantiasa selalu menjaga keharmonisian.

“Untuk itu tugas pemerintahan akan senantiasa tetap mendukung kehidupan keharmonisan masyarakat kecamatan Reok”. Ucap Politisi PDIP tersebut

Turut hadir pada kegiatan halal bihalal tersebut, Sekda Kabupaten Manggarai, Ketua PKK Kabupaten Manggarai, Kepala OPD di lingkup Pemkab Manggari , Ketua MUI Kabupaten Manggarai, kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Manggarai,Unsur Forcompinca Kecamatan Reok, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dan perwakilan umat muslim Kecamatan Reok.

Reporter : Bino Maot


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x