Latih Mental Anak, SMP Pius Cilacap Gelar Unjuk Performa Siswa Saat Ujian

waktu baca 2 menit
Sabtu, 16 Mar 2024 14:37 0 39 Redaksi

CILACAP, L86News.com – SMP Pius Cilacap menggelar asesmen sumatif akhir jenjang (ASAJ), diikuti siswa kelas 9.

Ada yang menarik dalam kegiatan ASAJ tersebut. Dimana kegiatan yang berlangsung selama dua minggu dimulai tanggal 4 Maret 2024 ini diramaikan oleh aksi panggung para siswa pada sesi unjuk performa, seperti yang dilakukan sejumlah siswa pada Jumat (15/3/2024).

Tampak sejumlah siswa adu bakat diatas panggung dengan mengenakan gaya busana masing-masing disaksikan penonton dan dewan juri, serta dipandu 2 host bak program acara ajang pencarian bakat di sebuah stasiun televisi.

Dalam unjuk performa tersebut, para siswa unjuk bakat masing-masing mulai dari menyanyi solo, dance, menyanyi dengan memainkan alat musik dan lainnya.

“Jadi yang diujikan dalam unjuk performa ini disesuaikan dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran, dan setiap mata pelajaran berbeda-beda mulai dari tata boga hingga pagelaran musik,” kata Kepala SMP Pius Cilacap Thomas Sutasman.

“Dan untuk unjuk performa hari ini berkaitan dengan seni musik dan bahasa inggris. Hari ini kelas 9 B, kemarin kelas 9 A dan nanti hari Senin kelas 9 A sebagai penutupan dari unjuk performa setiap kelas,” imbuhnya.

Adapun tujuan dari unjuk performa ini untuk melatih mental anak agar tidak demam panggung. Selain itu, memberikan panggung kepada anak untuk berkreasi berkaitan dengan mata pelajaran seni musik dan bahasa inggris.

“Kemudian bagaimana anak-anak mengelola suatu pertunjukan yang bisa menghibur, dan kami juga menyiapkan audien supaya audien ini mengapresiasi pertunjukan yang ditampilkan oleh mereka,” tutur Thomas.

Diharapkan melalui unjuk performa tersebut, para siswa nantinya dapat berkembang sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Sementara itu, Nicholas Aris Sunardi selaku Guru Seni Budaya menambahkan, untuk penilaian berdasarkan musikalitas mulai dari teknik vokal, materi vokal, dan ekspresi.

“Karena mata pelajaran seni musik dalam ujian ini dikolaborasikan dengan bahasa inggris, sehingga lagu-lagu yang dibawakan oleh anak-anak semuanya lagu-lagu berbahasa inggris,” jelasnya.

Selain untuk melatih speak dan pelafalan melalui lagu berbahasa inggris, anak-anak juga bisa mengekpresikannya dengan bernyanyi.

Reporter : Shol

LAINNYA