x

Waspada! Wabah DBD Muncul di Way Jepara, Satu Pasien Mengalami Gejala Kritis

waktu baca 2 menit
Kamis, 18 Jan 2024 17:32 0 31 Redaksi Liputan 86

LAMPUNG TIMUR,L86NEWS.COM-Penyakit demam berdarah dengue (DBD) mulai menyerang warga Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur.

Pantauan di Puskesmas Way Jepara, Kamis, 18 Januari 2024, teridentifikasi tiga warga dari Desa Braja Sakti dan Labuhan Ratu dirawat karena DBD.

Sebuah kisah haru muncul dari salah satu pasien yang tidak sadarkan diri dan sering mengigau. Agus, orangtua pasien.

“Sebelum saya bawa ke puskesmas, anak saya dua hari di rumah mengalami demam sangat tinggi.” kata Agus

Kepala Puskesmas Wayjepara, Munawar, mengingatkan warga untuk tetap waspada dan menjaga kebersihan lingkungan, terutama selama musim penghujan.

Warga diminta rutin menguras bak kamar mandi, mengubur bahan bekas, dan membuang air tergenang untuk mencegah perkembangan nyamuk Aedes aegypti, penyebar DBD.

Kasi Trantib Kecamatan Wayjepara, Sopiyan Effendi, mengungkapkan langkah preventif yang telah diambil dengan melakukan pengasapan (fogging) di beberapa dusun. Pengasapan akan terus dilaksanakan di enam dusun desa setempat.

“Selain foging di desa saya, mudah-mudahan desa lain melakukan hal serupa. Apalagi saat ini hujan terus mengguyur,” ujar Kades Sopiyan.

Mengingat sejumlah penderita DBD meninggal beberapa tahun silam di Kecamatan Wayjepara, warga diingatkan untuk selalu waspada dan segera berobat bila mengalami gejala DBD.

Selain Way Jepara, Kecamatan Bandar Sribhawono juga pernah menghadapi endemi DBD, memicu perawatan intensif bagi sejumlah warganya.

“Dengan harapan agar tidak ada korban nyawa akibat DBD, warga diminta untuk tetap waspada dan segera mencari bantuan medis bila muncul gejala DBD,” pungkas Sopiyan.

Pewarta: Ibrahim Sofyan


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x