x

Bambang Purwanto Minta Pemerintah Fokus Pemerataan Pembangunan Untuk Wilayah Pedalaman

waktu baca 2 menit
Kamis, 18 Jan 2024 19:46 0 20 Redaksi Liputan 86

JAKARTA, L86News.com – Bambang Purwanto, anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Kalimantan Tengah, meminta pemerintah untuk melakukan pemerataan pembangunan, terutama di daerah pedalaman yang terdapat di sejumlah wilayah Indonesia.

Bambang Purwanto menjelaskan jika masih banyak daerah yang tertinggal dan cenderung terisolasi, yang disebabkan oleh akses jalan yang sulit dijangkau, jaringan listrik dan internet yang sulit dan sebagian belum ada, serta minimnya fasilitas publik yang ada.

“Di Indonesia Timur, selain akses jalan yang susah, harga internet disana juga mahal, dan menyamai harga emas. Belum lagi harga bahan-bahan pokok, BBM, dan banyak lagi, semua serba mahal. Di Kalimantan, terutama di Kalteng, juga masih banyak desa-desa yang tidak bisa diakses dengan jalur darat, ada juga ratusan desa yang masih belum teraliri listrik. Kebanyakan desa-desa di pedalaman juga kekurangan, bahkan tidak terdapat fasilitas pendidikan dan kesehatan yang layak dan memadai, ini perlu untuk diperhatikan,” ujarnya pada Kamis, 18 Januari 2024.

Bambang Purwanto menegaskan jika pemerataan pembangunan adalah upaya untuk memastikan setiap wilayah mendapatkan akses yang adil dan setara terhadap infrastruktur dan layanan publik.

“Kita perlu memastikan bahwa pembangunan tidak hanya terpusat di daerah perkotaan, namun juga menjangkau daerah pedalaman yang sering kali terabaikan. Pembangunan daerah pedalaman juga bukan hanya dapat meningkatkan potensi ekonomi lokal, tapi juga upaya mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial yang dicita-citakan,” tutupnya.

Reporter: Aris Kurnia Hikmawan


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x