Minggu, 23 Jun 2024
x

Panitia Penjaringan Perangkat Desa Dituding Tak Layak, Ini Jawab Camat Petanahan

waktu baca 2 menit
Selasa, 21 Nov 2023 23:32 0 6 Redaksi Liputan86

KEBUMEN, L86News.com – Camat Petanahan, Edy Purwoko menjawab aduan warga terkait dugaan ke tidak layakan pembentukan panitia penjaringan perangkat Desa Munggu, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen dengan menggelar pertemuan, Senin (21/11/2023)

Pertemuan yang berlangsung di Balai Desa Munggu di ikuti sekitar 20 orang. Selain Camat, juga hadir Kapolsek dan Danramil Petanahan, Kades Munggu Nasiati, BPD, perangkat desa, Panitia seleksi perangkat desa dan sejumlah LSM perwakilan warga.

Mengawali penyampaian Camat Petanahan Edy Purwoko menjelaskan bahwa kegiatan hari itu akan membahas proses pengisian jabatan perangkat desa, dan hari itu juga merupakan waktu pendaftaran terakhir, dan siapa nanti yang memenuhi syarat akan melanjutkan tes berikutnya.

“Kami selaku Camat Petanahan akan selalu mengawasi dan mendampingi proses seleksi perangkat desa, dan saya ucapkan terima kasih kepada pak Sujud dan kawan kawan atas partisipasi dalam pengawasan penjaringan perangkat di desa Munggu,” ujarnya

Menurutnya, tim seleksi sudah terbentuk dan sudah berjalan. Namun 2 calon mengundurkan diri tanpa alasan. Sehingga pendaftaran di undur karena hanya ada satu calon. “Apabila sampai batas waktu pendaftaran hanya ada satu calon, maka penjaringan dibatalkan dan memulai penjaringan lagi dengan perubahan panitia,” jelasnya.

“Saya minta di bacakan nama dan dari unsur mana panitia penjaringan berasal. Tujuannya biar semua bisa mengetahui.

Kami sangat berterima kasih kepada pak Sujud dan kawan-kawan atas pengawasan penjaringan dengan tujuan sama yaitu, keterbukaan dalam penjaringan dan seleksi perangkat desa,” ucapnya.

Ketua LSM Patriot Nusantara, Sujud Sugiarto mewakili warga menyebut telah berkomunikasi dengan Kodim, Polres dan Kepala Dispermades. Untuk itu, ia minta proses penjaringan di lakukan secara terbuka sesuai regulasi dan selaku Kades harus bertanggung jawab jika terdapat penyimpangan.

“Saya mendapat informasi panitia kurang transparan. Saya lebih setuju tim penguji dari luar daerah atau dari kabupaten dan pendaftaran bebas dari mana saja yang penting masih WNI, di Desa Munggu sendiri anak Bu Kades ikut mendaftar. Ini berpotensi memanfaatkan jabatan untuk kepentingan keluarga,” kata Sujud.

Sementara Danramil 16/Petanahan, Kapten Inf Muhtavin Sholeh menyatakan sepakat semua pihak melakukan pengawasan agar penjaringan dan seleksi perangkat desa berjalan lancar dan transparan. “Mari kita sama sama awasi supaya ujian seleksi tidak bocor dan berjalan sesuai aturan,” ucapnya

    Pantauan di lokasi, ingga pukul 14.00 Wib pendaftaran penjaringan perangkat desa di tutup. Dua kandidat calon tercatat sudah mendaftar dan lolos seleksi Administrasi. Pertama atas nama Feri Rusliyana S1 jurusan Agribisnis warga RT/RW 02/03. Kedua Jefri Kadariyansah S1 Sarjana Pendidikan warga RT/RW 03/01 desa setempat.

    Reporter : Fi86


      Eksplorasi konten lain dari L86News.com

      Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

      LAINNYA
      x
      x

      Eksplorasi konten lain dari L86News.com

      Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

      Lanjutkan membaca