x

Perkuat Sektor Maritim, Bambang Purwanto Dorong Pembangunan Ekonomi Berbasis Maritim

waktu baca 2 menit
Rabu, 15 Nov 2023 20:24 0 7 Redaksi Liputan86

JAKARTA, L86News.com – Bambang Purwanto, anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Kalimantan Tengah, menyoroti pentingnya pengembangan sektor maritim untuk mengoptimalkan potensi laut yang dimiliki oleh Indonesia.

Bambang Purwanto menjelaskan jika hal ini dapat terlaksana melalui penguatan infrastruktur dan perlindungan lingkungan maritim, yang mana menjadi kunci utama dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Indonesia adalah negara maritim, dan menjadi negara kepulauan terbesar di dunia. Ada lebih dari 17 ribu pulau yang kita miliki, dan penguatan infrastruktur di bidang maritim dapat memudahkan fungsi pengawasan dan meningkatkan konektivitas antar pulau yang ada,” ujarnya pada Rabu, 15 November 2023.

Selain itu lanjutnya, pembangunan SDM yang unggul dan berkualitas, dan pembuatan kebijakan yang mendukung upaya mempertahankan kedaulatan, sangat diperlukan dalam menopang pembangunan maritim berkelanjutan.

“Kita perlu membangun kekuatan dan pertahanan di bidang maritim. Kita perlu menjaga wilayah laut kita dari berbagai ancaman, seperti konflik, pencemaran lingkungan, dan eksploitasi tidak bertanggungjawab. Karena kita perlu memanfaatkan kekayaan alam kita, semata-mata untuk kesejahteraan rakyat,” lanjutnya.

Menurutnya, hal ini sangat penting untuk dilakukan. Mengingat Indonesia harus mulai memberikan pengaruh yang kuat terhadap eksistensi dari kekuatan negara lain yang ada di sekitarnya. Ia juga berharap melalui upaya ini nantinya dapat menjadikan Indonesia sebagai negara maju di masa depan.

“Menjadi negara maju tidak mudah, kita harus paham dengan kondisi geografis dan geopolitik yang ada. Upaya memperkuat sektor maritim, juga harus dibarengi dengan penguatan di sektor ekonomi berbasis maritim. Sehingga kita bukan hanya kuat dan tangguh dalam segi pertahanan negara, tapi juga kuat secara ekonominya,” tutupnya.

Reporter: Aris Kurnia Hikmawan


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

LAINNYA
x
x