x

Wujudkan Lumbung Pangan Nasional, Bambang Purwanto Tingkatkan Kualitas Petani di Kalimantan Tengah

waktu baca 2 menit
Minggu, 12 Nov 2023 21:21 0 17 Tim Redaksi 1

PULANG PISAU, L86News.com – Bambang Purwanto, anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Kalimantan Tengah, menggelar serangkaian bimtek kolaborasi bersama Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia pada Kamis, 9 November 2023.

Bimtek mengenai Pembenihan Tanaman Pangan ini diikuti oleh sekitar 100 orang peserta yang berasal dari masyarakat dan kelompok tani, dan diselenggarakan di Balai Desa Sanggang, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah.

Bambang Purwanto menjelaskan jika bimtek yang disampaikan terdiri dari beberapa materi penting seperti Sistem Tanam Jajar Legowo, Produksi Benih Padi, dan Pengendalian Hama Terpadu (PHT) yang saat ini dibutuhkan oleh para petani lokal disana.

“Materi bimtek yang kita sajikan juga mempertimbangkan kondisi geografis dan kebutuhan petani di daerah yang berbeda-beda. Ini sebagai upaya untuk melakukan identifikasi dan spesialisasi produk pertanian, supaya hasil yang didapat lebih maksimal,” ujarnya.

Bambang Purwanto melanjutkan jika kegiatan ini merupakan wujud komitmennya untuk mendukung peningkatan kualitas pertanian di Indonesia terutama di Kalimantan Tengah, yang mana juga merupakan salah satu kawasan prioritas dalam program food estate.

“Kalimantan Tengah punya potensi besar sebagai salah satu harapan lumbung pangan nasional di masa depan. Tapi semua ini perlu kerja keras, selain memberikan bantuan uang dan alat, kita perlu meningkatkan kualitas SDM yang ada, terutama dari petani agar berimbang,” lanjutnya.

Bambang Purwanto berharap jika semua mimpi dan harapan itu menjadi sebuah kenyataan. Yang mana menurutnya, melalui do’a dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, baik dari para petani dan pemuda, hal tersebut menjadi sangat mudah untuk diwujudkan.

“Saya bukan siapa-siapa tanpa do’a dan dukungan dari masyarakat semuanya. Niat yang baik, dan usaha yang baik, tidak akan menghasilkan hasil yang baik, kalau tidak didukung dengan baik oleh semua pihak yang ada. Maka dari itu, mari kita wujudkan mimpi Kalimantan Tengah menjadi lumbung pangan nasional itu menjadi suatu kenyataan di masa depan,” tutupnya.

Reporter: Aris Kurnia Hikmawan


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca