x

Koarmada III Laksanakan Apel Gelar Latihan Operasi Penanggulangan Bencana

waktu baca 2 menit
Kamis, 7 Sep 2023 23:32 0 0 Redaksi Liputan86

SORONG, L86News.com – Koarmada III laksanakan Apel Gelar Latihan Operasi Penanggulangan Bencana Koarmada III TA 2023 bertempat di Dermaga Mako Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorong Papua Barat Daya, yang diikuti Personel Koarmada III, unsur KRI Koarmada III, Personel Koramil Salawati, Polsek Salawati, SAR Sorong, BMKG Sorong dan KPLP Sorong, adapun tema latihan tersebut adalah “Koarmada III Melaksanakan Latihan Operasi Penanggulangan Bencana TA 2023 di Wilayah Sorong dan Sekitarnya Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut”.Kamis (07/09/23).

Dalam sambutan Panglima Koarmada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi yang dibacakan Kapok Sahli Koarmada III Laksamana Pertama TNI Ridwan Prawira, mengatakan bahwa Koarmada III sebagai Kolaktama Koarmada RI diharapkan mampu memberikan dukungan bantuan penanggulangan bencana alam, terutama saat tahap pelaksanaan tanggap darurat dalam mengatasi musibah bencana alam dengan membentuk Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Koarmada III dan jajarannya dengan bersinergi bersama Pemerintah Daerah dan Instansi Terkait.

Lebih lanjut Pangkoarmada III mengatakan latihan yang dilaksanakan ini adalah untuk meningkatkan kesiapsiagaan operasional unsur-unsur Koarmada III beserta pendukungnya, serta meningkatkan profesionalisme Prajurit. Latihan ini juga dilaksanakan bersama instansi terkait serta Pemerintah Daerah setempat sebagai wujud dari interopability dan sinergitas sebagai tugas bersama.

Latihan Operasi Penanggulangan Bencana Koarmada III TA 2023 diikuti oleh 311 personel baik dari KRI Teluk Lada-521, KRI Matabongsang-7873, Satkopaska, Dislambair , dan Tim Medis Diskes Koarmada III, sedangkan instansi lain yaitu dari BMKG Sorong, Kansar Sorong dengan menghadirkan KN. Baladewa, KSOP Kelas 1 Sorong dengan menghadirkan KN. P. 379, BPBD Kabupaten Sorong, Dinsos Kabupaten Sorong, Dinkes Kabupaten Sorong, PMI Sorong, Puskesmas Majaran serta juga mengikutkan Siswa Siswi dari SLB Kabupaten Sorong dalam latihan tersebut.

Reporter : Tim/Red

LAINNYA
x
x