x

Tak Terbendung, Antusias Ribuan Warga Meriahkan Acara Brandan Bumi Hangus di Kabupaten Langkat

waktu baca 2 menit
Senin, 14 Agu 2023 07:58 0 65 Redaksi Liputan 86

LANGKAT, L86News.com – Acara Berandan Bumi Hangus di Kabupaten Langkat berlangsung meriah dan di ikuti ribuan elemen masyarakat. Mereka tumpah ruwah tak terbendung menyaksikan perhelatan setahun sekali ini, Minggu (13/82023)

Acara yang di awali dengan star di Dusun Paluh Sipat, Desa Teluk Melu pada tanggal 11 Agustus 2023 tersebut rombongan melakukan napak tilas di pimpin Musa Pasaribu mantan Lurah Brandan Barat

Peserta sebanyak 88 orang itu di lepas oleh Dato H. Syamsul Aripin SE mamtan Gubernur Sumut bersama Beby anggota DPR RI yang juga calon DPR RI dari partai PDI Perjuangan Dapil Sumut.

Mereka menuju Makam Pahlawan untuk melakukan tabur bunga dan berjiarah. Kemudian menuju lapangan bola di Kampung Baru dan esok nya bergabung dengan peserta pawai.

Pawai yang di ikuti peserta mulai dari sekolah tingkat Paud, TK, SD, SMP dan SMK sekabupaten langkat itu di lepas langsung oleh PLT Bupati Langkat mewakili Gubernur Sumut di dampingi Adminstrasi Umu, Musti, SE, M.Si

Tak ketinggalan, secara bergantian Camat Babalan Restra Yuda, S.Ip dan Sekertaris BKD Kabupaten Langkat Syafriansyah, S.Sos juga turut melepas keberangkatan pawai menuju Lapangan Bola Kali Pertrolia Pertamina.

Acara Berandan Bumi Hangus ditutup dengan tampilan drama kolosal kisah perjuangan para pejuang bersama masyarakat membumi hanguskan kilang minyak dengan diawali drama evakuasi rakyat di sekitar kilang.

Diceritakan, kilang di hancurkan sebelum tentara Belanda massuk dan mengambil alih. Drama juga menampilkan perlawanan masyarakat terhadap agresi Belanda pada tanggal 13 Agustus 1947.

Apreasi luar biasa di tunjukkan oleh masyarakat dengan cara tumpah ruah di jalan. Arus lalulintas dari Medan ke Banda Aceh hampir lumpuh total. Masyarakat berharap acara ini dapat lebih meriah lagi kedepannya.

Reporter : Zul86


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x