x

Peran Aktif Babinsa Berikan Pembekalan Wasbang di SMKN 1 Labuhan Maringgai

waktu baca 2 menit
Selasa, 11 Jul 2023 19:19 0 64 Redaksi Liputan 86

LAMPUNG TIMUR, L86News.com – Di era modern seperti sekarang ini, dimana arus globalisasi berkembang demikian pesatnya, ada sejumlah kalangan yang mengkhawatirkan terjadi merosot nya rasa Nasionalisme, cinta tanah air dan Bangsa serta wawasan kebangsaan, utamanya para generasi muda.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Babinsa Koramil 429-10/Labuhan Maringgai Kodim 0429/Lamtim Sertu Budiono melaksanakan Pelatihan Masa Orientasi Siswa (MOS) di SMKN 1 Labuhan Maringgai dengan Materi Wasbang Cinta Tanah Air yang di ikuti oleh siswa siswi kelas 10 dengan jumlah 170 orang dalam keadaan Aman, Selasa (11/07/2023).

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum di laksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Adapun tujuan MOS diantaranya, mengenali potensi diri siswa baru, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainya, menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Pada kesempatan itu, Sersan Satu Budiono menjelaskan, maksud diberikannya materi Wasbang Cinta Tanah Air bertujuan untuk Supaya siswa memiliki kebanggaan menggunakan produk buatan dalam negeri dan ikut berpartisipasi menjaga kekayaan negara serta mampu mencipta kan kerukunan dilingkungan masyarakat yang beragama ,” terangnya.

Terpisah Danramil 429-10/LBM Kapten Inf Hariyadi Gustian menyampaikan, Wasbang Cinta Tanah Air merupakan hal yang sangat penting bagi para siswa siswi sebagai generasi penerus agar dapat mengetahui dengan benar bagaimana mereka sebagai generasi muda dapat ikut berperan serta dalam Pembelaan Negara dimasa yang moderen saat ini.

Untuk itu Danramil berpesan kepada para siswa agar giat dalam menuntut ilmu yang berkaitan dengan teknologi agar tidak ketinggalan dengan Negara Luar namun tetap berpedoman kepada falsafah Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 agar kita tidak mudah diadu domba yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Reporter : Tar/Pendim


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x