x

Tari Kipas Cetik Asal Lampung Timur Bakal Tampil di HUT RI ke 78 di Istana Negara

waktu baca 3 menit
Selasa, 4 Jul 2023 10:51 0 134 Redaksi Liputan86

LAMPUNG, L86News.com – Tari kreasi cetik kipas Lampung bakal ditampilkan dalam peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 78 di Istana Negara , Jakarta 17 Agustus 2023 mendatang.

Kementerian Sekretariat Negara (Sekneg) secara resmi mengirimkan surat kepada Gubernur Lampung terkait permohonan peran serta bidang kesenian dalam rangka HUT ke 78 Kemerdekaan RI tahun 2023.

Surat bernomor: B -03/KSN/SP/KK 08/06/2023 tertanggal 20 Juni 2023 ditanda tangani oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Dalam surat tersebut peringatan hari ulang tahun ke 78 kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2003 di istana kepresidenan Republik Indonesia akan menyelenggarakan rangkaian upacara kenegaraan di halaman depan istana merdeka.

Upacara kenegaraan akan didahului dengan penampilan pagelaran kesenian sebelum upacara peringatan detik-detik proklamasi dan sebelum upacara penurunan bendera pada sore hari.

Seluruh kegiatan akan disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia beserta ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan para undangan lainnya serta disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi pemerintah serta swasta di Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut disampaikan bahwa berdasarkan hasil penilaian kurator Tari DR DR Eko Supriyanto M.F.A dan seleksi pihak kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif badan pariwisata dan ekonomi kreatif maka Tari cetik kipas melinting dari Kabupaten Lampung timur Provinsi Lampung merupakan salah satu tarian yang dinilai layak untuk ditampilkan pada kegiatan dimaksud.

Untuk itu disampaikan permohonan peran serta dari provinsi Lampung untuk menampilkan tarian dimaksud secara offline adapun segala biaya yang terkait hal tersebut di atas kiranya dapat didukung oleh pemerintah provinsi Lampung.

Sementara itu Dr. Eko Supriyanto kepada wartawan menyampaikan bahwa dirinya sudah melihat potensi tarian kipas cetik melinting tersebut sejak setahun yang lalu.

Menurutnya potensi tari kipas cetik melinting belum banyak diketahui oleh para penari termasuk penari profesional.

” Para peserta tari ini memakai kipas dan penarinya adalah cewek cowok , dalam tanda kutip cowok yang macho artinya untuk membicarakan diksi bahwa para penari tarian yang dibawakan oleh para cowok-cowok yang betul-betul dengan hati ada di tarian kipas cetik melinting ini” ujarnya di Sanggar Tiyuh Nibung, kec Gunung Pelindung, Lampung Timur, Senin 3 Juni 2023

Hal itulah yang membuat Eko Supriyanto ingin menampilkan Tari kipas ketik melenting di istana Negara pada peringatan HUT kemerdekaan RI ke 78 mendatang.

Eko berharap kesiapan terkait dengan para peserta dapat difasilitasi oleh pemerintah Kabupaten Lampung Timur maupun provinsi Lampung termasuk dinas pendidikan dan kebudayaan.

Sementara salah satu tokoh dari pemuda-pemudi keratuan melinting Desi Rahmawati SH mengatakan, persiapan yang dilakukan oleh para peserta Tari sangat luar biasa. Pelatihan dilakukan sudah lebih dari 1 bulan

“Mereka sangat semangat berlatih siang malam karena ingin tampil di depan Bapak Presiden di Istana Negara” ujarnya

Tahun sebelumnya Tari kipas cetik sudah pernah ditampilkan di Istana Negara namun dalam porsi kecil , Ia berharap tahun ini Tari Kipas cetik bisa tampil di panggung utama.

Desi mengatakan koordinasi dengan pemerintah kabupaten Lampung Timur dan Provinsi Lampung sedang dilakukan dan berjalan.

“Kita yang diminta tampil ke Istana Negara, tentu ini suatu kebanggaan bagi provinsi Lampung dan kabupaten Lampung Timur tentunya” terangnya.

Mutiara renggasin (21) salahsatu peserta mengaku bangga bisa ikut berlatih bersama 180 peserta lainnya.

Saat diminta untuk ikut dirinya sempat ragu, namun, Ia juga senang karena akan tampil di istana negara apalagi akan disaksikan oleh Presiden dan pejabat negara lainnya.

“Senang dan bangga bisa ikut tampil dan tentunya membawa nama daerah Lampung secara positif” ujarnya

Reporter : Ahmad


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca