x

Upacara Bulanan, Jajaran Kodim 0426 Tulang Bawang Sampaikan Amanat Kasat

waktu baca 3 menit
Kamis, 18 Mei 2023 09:01 0 52 Redaksi Liputan 86

TULANG BAWANG, L86News.com — Jajaran Kodim 0426 Tulang Bawang melaksanakan upacara bulanan yang di gelar di Lapangan Pamungkas Makodim, Jln. Lintas Timur Sumatera, KM 113, Kampung Bujung Tenuk, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulang Bawang, Rabu 17 Mei 2023.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Danramil 426-03 Rawajitu Mayor Arm I Ketut Subangga, Amd Perwira Upacara Letda Inf Asrel, dan Komandan Upacara Letda Inf Sudirman.

Pada upacara tersebut, KASAD Jendral TNI DR. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. Dalam amanatnya, yang dibacakan Inspektur upacara menyampaikan, melalui momen upacara tujuh belasan pada tahun 2023, saya ucapkan terimakasih yang tulus serta penghargaan yang setinggi tingginya atas kerja keras dan dedikasi yang ditujukan oleh seluruh prajurit dan PNS TNI AD karena sepajang tahun 2022 yang lalu berbagai tugas yang diamankan oleh Negara telah dapat kita selesaikan dengan baik.

Masih dalam suasana idul Fitri saya selaku Kepala Staf Angkatan Darat mengucapkan selamat hari raya idul Fitri 1444 Hijriyah mohon maaf lahir dan batin bagi segenap prajurit dan PNS TNI AD. Jadikan momentum Idul Fitri sebagai ajang silaturahmi saling memaafkan antara sesama dan mempererat hubungan serta kerjasama baik dalam lingkungan instansi kita sendiri maupun dengan komponen bangsa lainnya.

Meski banyak tugas yang berhasil diemban dengan baik oleh TNI AD namun kita juga harus mengakui bahwa masih terdapat berbagai kekurangan yang harus segera diperbaiki, diantaranya masih banyak personil TNI AD yang gugur di medan tugas karena kelalaian maupun kurangnya disiplin tempur, banyaknya personil yang meninggal karena laka lalin, penganiayaan, bunuh diri dan bentrok antara TNI dan polri, serta pelanggaran-pelanggaran lainnya yang dilakukan oleh oknum- oknum personil TNI yang dapat merusak Citra TNI.

Berbagai permasalahan tersebut harus menjadi koreksi kita bersama dan diperbaiki agar tidak terulang di masa mendatang, kemampuan dasar keprajuritan harus tetap dipelihara dan ditingkatkan di tengah-tengah gelombang perkembangan teknologi informasi agar tidak terjadi kelenggangan dalam pelaksanaan tugas-tugas operasi yang menyebabkan kerugian personil maupun materiil. Disamping itu disiplin dan prilaku prajurit harus dijaga dalam berinteraksi dengan masyarakat maupun instansi lain sebagaimana kewajiban yang tertuang dalam 8 wajib TNI.

Mengakhiri amanat ini saya perlu mengingatkan bahwa kita telah memasuki tahun politik, di mana potensi ancaman terhadap kedaulatan negara dan persatuan bangsa semakin meningkat akibat potensi kepentingan politik antar kelompok atau golongan.

Oleh karena itu saya menekankan kembali agar seluruh prajurit TNI AD sebagai alat negara untuk tetap memegang teguh komitmen netralitas dan berdiri di atas kepentingan bangsa dan negara, jangan ada prajurit TNI AD yang terjebak dalam politik praktis dan tersesat oleh kepentingan-kepentingan pribadi atau kelompok dan golongan tertentu. Kita harus mampu memainkan peranan sebagai penyejuk suasana dan menjadi katalisator serta pemersatu dari semua lapisan masyarakat.

Reportet : Nov86


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x