Jaga Iman Upgrade Taqwa di Ramadhan, SMP N 1 Karanglewas, Gelar Pesantren Kilat 4 Hari

waktu baca 2 menit
Rabu, 12 Apr 2023 23:44 0 136 Redaksi

BANYUMAS, L86News.com – SMP Negeri 1 Karanglewas Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada Ramadhan 1.444 Hijriyah ini menggelar pesantren kilat (Sanlat) selama 4 hari untuk menjaga dan meningkatkan keimanan serta ketakwaan para siswa.

Kepala sekolah Dwi Riyani Darma Setianingsih, menjelsakan Sanlat dibimbing Ustadz dari dalam dan luar sekolah, didampingi gurundan wali kelas, dengan harapan bisa maksimal pembelajarannya semi tradisi pesantren.

“Kami mendatangkan ustadz untuk bisa menularkan ilmunya yang bermanfaat, sesuai dengan ajaran yang berlaku di pesantren,” ujarnya

Salah satu guru PAI Asron menjelaskan, Sanlat digelar mulai Senin 10 April sampai Kamis 13 April 2023. Dalam pesantren kilat ini, siswa diajak untuk mempelajari baca tulis qur’an, tartil, qiroah, tahfidh dan kaligrafi, sholat wajib dan sunnah berjamaan, pembacaan Asmaul Husnah, praktek pemulasaran jenasah, pengelolaan, penerimaan dan penyaluran zakat fitrah dari muzakki kepada mustahik sesuai fiqh zakat, juga materi aqidah akhlaq dan fiqih. Para siswa wajib untuk mengikutinya. kata asron saat berbincang-bincang dengan awak media di sekolah, Rabu (12/04/2023).

“Materi ceramah dan praktek, wajib diikuti siswa kelas 7-8-9 dalam satu tempat”, ungkap Asron, yang juga sebagai Sekretaris JPZIS NU Care-LAZISNU Beres Purwokerto Barat, Banyumas

Materi ceramah, lanjutnya, difokuskan pada permasalahan toharoh atau kebersihan. Karena terbukti para siswa SMP masih glepotan dalam persoalan wudlu, haid, nifas, dan kebersihan lainnya. Padahal Allah SWT menyukai kebersihan maka umatnya juga harus bersih lahir dan batin.

Asron dan semua guru, bertekad menekankan pentingnya pembelajaran ahlakul karimah kepada para siswa. Sehingga siswa selagi masih sekolah maupun selepas sekolah memiliki dasar akhlak yang mulia. Tidak brutal, gampang dipengaruhi orang lain dan juga terhindar dari budaya punk maupun tawuran.

Dikesempatan itu salah satu pemateri praktik pemulasaran jenazah Kayim Salim, disamping sebagai kayim, juga staf pelayanan umum di kantor kelurahan Karanglewas Lor Kec Karanglewas, atas nama pribadi san pemerintah kelurahan memberikan apresiasi kepada Sekolah dengan mengelar santlat ini, apalagi dibulan puasa yang banyak keberkahan kemuliaan yang telah disiapkan oleh Allah SWT.

“Siswa bisa mengamalkan ilmu yang didapatkanya, dalam kehidupan keseharian baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat, Otak boleh Jerman, tetapi hati tetap Indonesia”, pungkas kayim Salim, yang juga sebagai salah satu Petugas Lapangan (PL) JPZISNU Beres.

Reporter : SLh,DJ

LAINNYA