Minggu, 23 Jun 2024
x

Pangkoarmada III Tinjau Simulasi Latihan Penanggulangan Bencana di Mako Lantamal IX

waktu baca 2 menit
Sabtu, 18 Mar 2023 12:34 0 56 Redaksi Liputan86

AMBON, L86News.com – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, M. Han memimpin langsung Latihan Penanggulangan Bencana (Latgulben) di Mako Lantamal IX, Baguala, Kota Ambon. (18/03/23)

Latihan Penanggulangan Bencana (Latgulben) bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan prajurit serta unsur masyarakat dalam menghadapi bencana alam, mengingat Provinsi Maluku terletak di pertemuan tiga lempeng yang memungkinkan terjadinya bencana gempa bumi tektonik dan gelombang tinggi.

Bertindak selaku Direktur Latihan, Panglima Koarmada III mengawasi dan mengarahkan langsung jalannya Latihan, dimana dalam pengarahannya Pangkoarmada III menegaskan bahwa kemampuan penanggulangan bencana sangat penting dimiliki oleh prajurit dan unsur masyarakat, dengan harapan dapat meminilmalisir korban jiwa saat terjadi bencana alam.

Kegiatan Latgulben yang diikuti oleh ratusan personel dari berbagai unsur Prajurit dan PNS Lantamal IX, Prajurit Yonmarhanlan IX, Basarnas Provinsi Maluku, Polairud Prov. Maluku, Bakamla Zona Timur, BPBD Prov. Maluku, PMI Prov. Maluku dan KPLP Kota Ambon.

Setelah dilakukan paparan singkat Skenario Latgulben oleh Komandan Satuan Tugas Penanggulangan Bencana (Dansatgas Gulben) Letkol Laut (P) Eko Setyono S.E dilanjutkan dengan manuver lapangan dari masing-masing unsur tugas.

Selain itu pada kesempatan yang sama Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., M.Tr. Opsla selaku Wakil Direktur Latihan berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat dalam mengasah kemampuan dan kesiapsiagaan pihak-pihak yang terlibat dalam menghadapi bencana alam khususnya di Provinsi Maluku.

Repirter : Tim/Dispen


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca