x

Alimuddin Paada: Perpustakaan Adalah Wadah Pengembangan dan Peningkatan Kualitas SDM

waktu baca 2 menit
Senin, 13 Mar 2023 15:22 0 76 Tim Redaksi 1

PALU, L86News.com — Ketua Komisi-IV DPRD Provinsi Sulteng Dr. Ir. Alimuddin Paada, MS yang juga Ketua Pustakawan Provinsi Sulteng, Hadiri giat Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan di Aula Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulteng, Jumat (03/03/2023)

Acara di buka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulteng Drs. I Nyoman Sriadijaya, MM, dan dihadiri Sekretaris Dinas Chwarismy Shindi, S.Sos, M.Si, Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Muh. Idham Khalid, S.Sos, M.A.P.

Hadir pula Kasubbag Kepegawaian dan Umum Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulteng Muhammad Arsyd Sibay, Sp, MP, Pustakawan Madya Hj. Dahlia, S.Sos, Pustakawan Ahli Muda Azwar A. Janudin, SE, M.A.P dan Juhri,S.Pd, serta dihadiri sekitar 100 lebih peserta dari para pengurus pustakawan dari berbagai Perguruan Tinggi dan Sekolah SMA/SMK se-Sulteng.

Politisi Partai Gerindra, Alimuddin Paada yang juga selaku Ketua Pustakawan Provinsi Sulteng menyampai kan bahwa pada dasarnya perpustakaan harus memiliki standar tersendiri dan setidak nya memiliki tiga dasar standar, yaitu :

Pertama, Perpustakaan yang ideal adalah perpustakaan yang mampu memberdayakan masyarakat untuk melakukan aktivitas membaca, belajar seni budaya, dan meningkat kan ketrampilan di perpustakaan.

Kedua, Perpustakaan yang ideal adalah perpustakaan yang menjadi pusat kegiatan masyarakat dan sering menjadi tujuan masyarakat dalam mengisi waktu luangnya.

Ketiga, Perpustakaan ideal adalah perpustakaan yang mampu melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk meningkat kan potensi minat baca di masyarakat sesuai dengan kegemaran, hobi, kesenangan, dan kebiasaan di masyarakat.

“Maka dalam pemenuhan hal-hal tersebut, perpustakaan harus mempunyai faktor pendukung, yakni memilki gedung yang memadai, memiliki tata tertib, lokasi strategis, kelengkapan saran prasarana, koleksi, prosedur dan mekanisme kerja yang baik,” ungkapnya.

Di samping itu perputaan yang ideal juga harus memiliki persedian dan penerapan teknologi memadai dan standar pelayanan yang berkualitas. “Karena perpustakaan adalah merupakan wadah untuk pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM),” pungkasnya. 

Reporter : Rah/Zainal


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca