Minggu, 23 Jun 2024
x

Keren! Polisi di Kebumen Siapkan 500 Nasi Kotak Gratis Untuk Duafa Setiap Jumat

waktu baca 3 menit
Jumat, 10 Mar 2023 15:49 0 53 Redaksi Liputan86

KEBUMEN, L86News.com – Rumah bercat biru tua terlihat mencolok di Jalan Stasiun Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebume. Modelnya sederhana dan tidak semewah rumah orang-orang kaya di wilayah setempat.  

Dilokasi terlihat orang-orang berkerumun. Sedangkan puluhan orang lainnya, tampak ngantri mengular puluhan meter di sisi kiri rumah tersebut. Sebagian besar adalah kaum duafa.

Bertajuk kegiatan Jumat Berkah, di rumah tersebut membagikan nasi kota gratis. Tak main-main, jumlahnya bisa mencapai 500 bungkus di bagikan gratis setiap hari Jumat.

Tidak sedikit warga yang mengantre sejak pembagian nasi kotak dibuka dari pukul 09.00 WIB. Warga bisa datang dan makan gratis di rumah itu hingga jelang sholat Jumat.

Selidik demi selidik, ternyata, pendiri Jumat Berkah berbagi nasi kotak gratis ini adalah seorang polisi. Namanya, Iptu Haji Kurniadi SH. Dia bertugas di Satuan Lalulintas Polres Kebumen.

Dulu, sebelum mampu membagi kan ratusan nasi kotak gratis, Kurniadi dan istri memulai sedekah pada tahun 2017 dan di lakukan setiap Jumat dengan memasak nasi modal Rp 200 ribu.

Secara bertahap, pasangan suami istri ini terus menambah porsi memasak. Hingga akhirnya kini mampu memasak dan menyediakan 500 nasi kotak gratis untuk para duafa.

“Alhamdulillah sampai saat ini keluarga dan teman-teman alumni sekolah banyak yang mendukung. Ada juga beberapa donatur yang ikut berbagi melalui kegiatan Jumat Berkah ini,” ujarnya, Jumat (10/3/2023).

Kurniadi mengaku ikhlas membagikan makanan gratis kepada orang yang membutuh kan. Ia hanya ingin hidupnya lebih bermakna dan mengetuk hati orang-orang kaya di Kebumen untuk berbagi terhadap sesama 

“Saya ini aseli kelahiran Karanganyar, saya ingin membantu warga dan memberikan contoh kepada orang-orang lain yang rejekinya lebih supaya ikut berbagi kepada masyarakat,” ucapnya. 

Kurniadi mengaku gaji polis cukup untuk kehidupan sehari-hari dan harus di syukuri dengan berbagi terhadap sesama. Untuk itu, ia pun mengajak donatur untuk memperbanyak sedekah agar semakin banyak kaum duafa yang terbantu. 

Hal senada juga di sampaikan oleh istri Kurniadi. Menurut nya, setiap hari Kamis ia berbagi tugas. Ada yang masak nasi, membuat lauk pauk dan belanja ke pasar. 

“Kami juga berbagi telur mentah 20 kilogram dan beberapa karton mie instan ke salah satu pondok pesantren di sekitar Kebumen,” ungkapnya

Kegiatan Jumat Berkah berbagai nasi kotak ini pun mendapat sambutan hangat dari masyarakat, salah satu nya Bu Desi. Ia pun mengaku sangat terbantu karena bisa sarapan pagi gratis.

Hal sama juga di ungkapkan oleh Sarno salah satu langganan Jumat Berkah Iptu Haji Kurniadi. “Giat ini sangat menolong warga miskin seperti kami. Semoga para dermawan di Karanganyar bisa mengikuti jejak pak Komandan,” doanya.

“Mudah mudahan kegiatan ini bisa menjadi motivasi bahwa ada rejeki warga kurang mampu Disana. Kesederhanaan Iptu Haji Kurniadi bisa menjadi contoh kita semua,” harapnya

Reporter : Fit86


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca