Anggota DPR RI dan DPRD Fraksi Gerindra Ikut Bimtek Petani Udang dan Nelayan di Muara Gading Mas

waktu baca 2 menit
Selasa, 28 Feb 2023 17:40 0 107 Redaksi

LAMPUNG TIMUR, L86NEWS.COM-Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Gerindra Ir. Dwita Ria Gunadi didampingi Anggota DPRD, Kabupaten Lampung Timur Fraksi Partai Gerindra, Ria Andriyana menghadiri acara sosialisasi, Bimtek yang digelar oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), di Balai Desa Muara Gadingmas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Selasa (28/02/2023).

Ria Andriyana menjelaskan, rangkaian acara dalam kegiatan Bimtek tersebut salah satunya yakni, penyerahan sertifikasi kecakapan nelayan dan penyuluhan mengenai permasalahan udang Vaname.

“Bimtek dan penyerahan sertifikasi ini diberikan, guna untuk meningkatkan keterampilan para nelayan saat bekerja di kapal,”  terangnya.

Kegiatan Bimtek digelar di dua tempat, dengan diikuti 300 peserta, yang terbagi menjadi dua kelompok yakni, 150 pekerja nelayan, dan 150 petani udang vaname.

“Kegiatan pelatihan kecakapan nelayan serta pembagian sertifikasi digelar di Balai Desa Muara Gadingmas, dan untuk yang di Dusun empat Desa Muara Gadingmas ini tentang penyuluhan penyakit yang terdapat pada udang Vaname,” ucap Ria.

Menurut Ria, kegiatan Bimtek yang digelar selama 2 hari itu sangat disambut baik oleh para peserta yang mengikuti.

“Sejak awal, para peserta yang mengikuti Bimtek ini antusiasnya cukup tinggi, apalagi mereka mendapat ilmu gratis dan mendapat sertifikat,” terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta nelayan juga mendapat pelatihan tentang cara penanggulangan kebakaran kapal.

Peserta masyarakat nelayan, saat praktek penanggulangan kebakaran. Selasa 28/02/2023. (Ahmadsyah).

“Adanya Bimtek ini, masyarakat lebih paham, bagaimana cara mengatasi kendala-kendala yang terjadi,” jelas Ria.

Untuk diketahui, kegiatan Bimtek dilaksanakan selama dua hari, pada Senin 27/02, hingga Selasa, 28/02/2023, melalui aspirasi Anggota Komisi VI DPR RI Dwita Ria Gunadi, dengan dihadiri oleh pihak kementrian, yakni Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP), Tegal, sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut.

LAINNYA