x

Gagalkan Aksi Pencurian Sepeda Motor, Babinsa Kodim Purbalingga Terima Apresiasi 

waktu baca 2 menit
Senin, 20 Feb 2023 21:33 0 27 Redaksi Liputan86

PURBALINGGA, L86News.com – Aksi pencurian sepeda motor milik warga berhasil di gagal kan oleh Danposramil Padamara, Peltu Yamroni dan Babinsa Desa Kalitinggar Serka Totok Rusmiyanto.

Berdasar informasi di lokasi, peristwa terjadi pada Minggu, (25/12/2022) saat di wilayah tersebut terdapat pagelaran Kuda Lumping di Lapangan Sepak Bola Desa Kalitinggar.

Danposramil Padamara, Peltu Yamroni menjelaskan saat itu dirinya bersama Serka Totok Rusmiyanto tengah lakukan kan pemantauan wilayah karena ada hiburan pentas kuda lumping.

Dia bersama Serka Totok berada tak jauh dari lapangan sepak bola tersebut, yaitu berada di Halaman Kantor Bumdes Kalitinggar yang saat itu difungsikan sebagai lahan parkir acara tersebut.

Ketika acara berlangsung, Peltu Yamroni melihat gelagat mecurigakan seseorang yang tengah mencoba mengotak atik kunci sepeda motor jenis vario warna hitam Nopol R 2776 BS, namun terlihat gagal dan pelaku pergi. 

Tak berselang lama, Warsono (41) warga Desa Bojongsari, Kec. Kembaran, Banyumas yang juga mengawasi sepeda motor miliknya yang tengah diotak atik pelaku melapor ke Peltu Yamroni dan Serka Totok.

“Kenapa sampean diam saja tidak menegurnya, Warsono bilang sengajaviarkan karena ingin menangkap basah pelaku,” kata Peltu Yamroni saat di konfirmasi, Senin (20/2/2023).

Atas laporan itu, Peltu Yamroni dan Serka Totok, Wasono dan anggota Polsek Padamara mencari pelaku di tengah kerumunan acara dan mendapati pelaku justru tengah berupaya mencuri sepeda motor lain.

Diketuahi sepeda motor Revo warna putih Nopol R 6485 D itu ternyata milik Enggar Maulana (14), warga Desa Sidakangen, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga. 

“Pelaku berinisial SS alias BJ (39) warga Desa Limbangan Kec. Kutasari, Purbalingga itu meminta kontak motor ke korban beralasan akan di parkirkan, tapi malah dibawa lari ke arah barat dan pelaku tertangkap setelah kami lakukan pengejaran,” tuturnya.

Cerita tersebut di benarkan oleh Enggar Maulana. “Saya tidak mengenal pelaku pak, tahunya kontak diminta untuk mempermudah parkir namun pelaku ternyata berupaya membawa lari motor saya,” ungkapnya.

Pelaku berhasil diamankan oleh Babinsa, anggota Polsek Padamara dan masyarakat, selanjutnya pelaku dibawa ke Polsek Padamara untuk pendalaman kasus dan proses hukum lebih lanjut.

Buntut sinergi anggota Kodim 0702/Purbalingga, Polsek Padamara dan masyarakat dalam menggagal kan upaya pencurian tersebut, Peltu Yamroni dan Serka Totok mendapatkan apresiasi dan penghargaan.

Apresiasi dan penghargaan di sampaikan langsung oleh Kapolres Purbalingga, AKBP Era Johny Kurniawan dan Dandim 0702/Purbalingga, Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban Gaol saat gelar Apel Gabunngan Penguatan Sinergitas TNI Polri di Halaman Mapolres setempat, Senin, (20/2/2023). 

Reporter : Shol/Hum


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca