x

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 132/BS Amankan WNA PNG Pelaku Pencurian di Pasar Skouw

waktu baca 2 menit
Sabtu, 21 Jan 2023 19:25 0 72 Redaksi Liputan 86

JAYAPURA, L86News.com – Pos Komando Utama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 132/BS yang dipimpin Wadansatgas Mayor Inf Zulfikar Rakita Dewa berhasil mengamankan pelaku tindak kriminal di Pasar Skouw Kompleks PLBN Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Sabtu (21/01/2023).

Hal ini bermula ketika Pos Komando Utama yang didatangi oleh warga setempat melapor bahwa telah terjadi aksi pencurian oleh WNA PNG yang sedang berbelanja di pasar tersebut.

Menanggapi hal tersebut, 1 tim patroli yang dipimpin oleh Serda Ainul Jaya berangkat ke lokasi kejadian dan mengamankan pelaku serta barang bukti.

Beruntung masyarakat sekitar lokasi tidak melakukan tindakan main hakim sendiri, karena masyarakat Kp. Skouw paham akan hukum berkat penyuluhan hukum yang sering dilakukan personel Pos Komando Utama..

Pelaku pencurian inisial T (37) WNA asal PNG yang tinggal di Kota Lumi. Ketika dimintai keterangan pelaku menyeberang ke Indonesia dengan alasan berbelanja kebutuhan pokok.

“Peristiwa ini menunjukkan suatu nilai yang positif bagi kami karena masyarakat sangat percaya kepada kami. Selain itu juga sebagai bentuk nyata kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Perbatasan RI-PNG,” ungkap Wadansatgas.

Setelah pelaku diamankan di Pos Komando Utama, sesuai dengan prosedur Serda Ainul Jaya berkoordinasi dengan pihak Imigrasi PLBN Skouw agar WNA PNG itu dikembalikkan ke negara nya dan diserahkan kepada pihak yang berwenang di PNG.

“Seluruh aparatur TNI-Polri dan instansi Pemerintah yang ada di PLBN Skouw senantiasa bersinergi dan berkomitmen bersama-sama menjaga pintu gerbang NKRI”, ujar Wadansatgas.

Reporter : Has/Pen


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x