x

Sempat Viral, Kasus Salah Penerima BPNT Kini Telah Terjawab, Begini Ceritanya

waktu baca 2 menit
Jumat, 20 Jan 2023 22:50 0 218 Redaksi Liputan 86

MESUJI, L86News.com – Kasus salah orang dalam memberikan kartu BPNT terjadi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji, Lampung. Akibatnya, penerima asli BPNT mengeluh, didengar wartawan dan masuk berita.

Setelah sejumlah pihak merasa tersentil, mulailah di lakukan penelusuran. Karena menurut data desa dan Dinas Sosial Kabupaten Mesuji, Mbah Kartinem sudah tercatat sebagai penerima Bantuan Program Non Tunai (BPNT) di dinas sosial setempat. 

Hari ini, Jumat (20/1/2023) Mbah Kartinem ke datangan rombongan tamu terdiri dari Subiantoro selaku Kabid Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Mesuji, Gozali dari Bank Mandiri, pihak E-Warung, Skdes Yusuf, Kadus dan Rt setempat. 

Mereka melakukan klarifikasi dan menyerahkan kartu BPNT milik Mbah Kartinem yang pada tahun 2019 telah diserah kan kepada orang lain bernama sama dan warga desa yang sama, sebut saja Mbah Kartinem A dan Mbah Kartinem B

Kepada Mbah Katinem A, Kabid Fakir Miskin, Subiantoro menjelaskan bahwa saat itu, penerima BPNT di Desa Sidomulyo terdapat dua nama yang sama yakni Mbah Kartinem A terdata di Dtks, dan Mbah Kartinem B tidak terdata di Dtks

“Jadi ibu kartinem (A) saya mohon maaf atas kesalahan ini karna kami semua tidak tau kalau ada dua nama sama. Insya Allah kedepan kita tingkatkan pengawasan nya. Mbah kartinem (A) juga sudah menyatakan ikhlas terhadap bantuan yang sudah di ambil Mbah Kartinem (B),” ungkapnya

Subiantoro menegaskan, dalam masalah tersebut pihak nya mengaku salah karena saat pembagian kartu pada tahun 2019, pihaknya tidak  mencocok kan nik KK karena namanya sudah benar. “Tapi setelah kita validasi data, ternyata nik Mbah Kartinem (A) yang cocok,” ujarnya.

Terpisah Kades Sidomulyo Muamar melalui telepon juga  meminta maaf kepada Mbah Kartinem A karena pihak nya juga tidak tahu jika Mbah kartinem A lah penerima kartu BPNT nya. “Buat mbah Kartinem (B) jangan berkecil hati, insya Allah kami upaya kan mendapat BPNT lagi,” ucapnya. 

Reporter : Riken


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x