x

Koramil 07/Pekalongan Gelar Diklat Dan Pelantikan Anggota SWK

waktu baca 2 menit
Minggu, 15 Jan 2023 09:44 0 76 Redaksi Liputan 86

LAMPUNG TIMUR, L86News.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas, solidaritas kebersamaan serta persatuan antar Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Kwartir Pekalongan. Koramil 429-07/Pekalongan Kodim 0429/Lamtim menggelar Diklat dan Pelantikan anggota baru, Sabtu Sore (14/1/2023).

Hadir dalam kegiatan, Personil Polsek Pekalongan, Ka Mabiran gerakan Pramuka pekalongan Selamet, Ka Kwaran Sutris, Kepala sekolah SMA N 1 Pekalongan Tumin, tenaga medis, para pembina dan pendamping serta anggota Saka Wira Kartika angkatan 1 dan 2.

Sebelum pengukuhan, kegiatan yang berlangsung di halaman Koramil 429-07/Pekalongan tersebut didahului dengan pembekalan materi-materi kepramukaan seperti mountenering, pembekalan wawasan kebangsaan, napak tilas dan materi kesiapsiagaan menghadapi bencana alam.

Selanjutnya Danramil 429-07/Pekalongan Kapten Inf. Jumali selaku Mabisaka di wakili Batuud Serma Budi Santoso melalui upacara penyematan dan tradisi penyiraman air kembang melantik sebanyak 26 anggota SWK baru.

Dalam sambutannya Batuud selaku pembina Pramuka Saka Wira Kartika Koramil Kwartir Pekalongan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak termasuk panitia kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika ini merupakan salah satu program pembinaan kerjasama Kwartir Nasional Pramuka dengan TNI AD bertujuan menciptakan kader-kader bangsa melalui pemberian pendidikan matra darat bagi gerakan pramuka melalui aksi nyata, produktif dan bermanfaat”, kata Batuud.

“Gerakan Kepramukaan memiliki peran strategis dalam pembentukan kader-kader bangsa, karena ini merupakan salah satu wahana pendidikan non formal dalam membentuk karakter generasi muda, karena ditanamkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, rela berkorban dan memiliki sikap tolong menolong antar sesama serta tidak sombong.” imbuhnya.

“Untuk itu saya sangat mengapresiasi dengan acara pengukuhan yang telah dilakukan. Ini sebagai bagian dari peran kami dalam membina generasi muda, melalui kegiatan kepramukaan”.

“Selamat bergabung kepada adik-adik yang baru di lantik sebagai anggota SWK Kwartir Pekalongan tunjukan dedikasi yang bagus, sehingga gerakan pramuka tetap eksis dan solid dalam mendarma baktikan karya dan sumbangsihnya demi pembangunan bangsa dan kejayaan NKRI dan bisa menjadi pemimpin masa depan dalam melanjutkan perjuangan bangsa yang berkarakter sesuai dengan Satya Dharma Pramuka,” pungkas Serma Budi Santoso.

Reporter : Tmj/Pen


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x