x

Gelar Sosperda Perlindungan Anak di Desa Kelaten, Sadide Harap OrangTua Pahami dan Terapkan

waktu baca 2 menit
Jumat, 16 Des 2022 19:26 0 137 Redaksi Liputan 86

LAMPUNG SELATAN, L86News.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) fraksi PDIP Sadide menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda) nomor 4 tahun 2015 tentang penyelenggaraan perlindungan anak di desa kelaten kecamatan penengahan, Jum’at, (16/12/2022)

Kegiatan itu dihadiri Kepala Desa Kelaten Toto, Nara sumber Dawar Yunus, Babinsa Kelaten, Bhabinkamtimas, BPD, Aparatur Desa serta warga masyarakat Desa Kelaten.

Dihadapan warga, Sadide menjelaskan berdasarkan perubahan Undang-Undang Perlindungan Anak yaitu tentang ekploitasi anak, kekerasan terhadap anak, pemulihan traumatik terhadap anak dan tentang pernikahan anak dibawah umur.

“Perlindungan terhadap anak itu dimulai dari dalam kandungan sampai anak kita lahir, “jelas Sadide.

Sadide mengatakan, perlindungan dan juga hak anak merupakan tanggung jawab negara. “Masyarakat di lingkungan juga bertanggung jawab terhadap anak-anak dan juga perlu diwaspadai tentang pergaulan bebas, hal ini dibutuhkan pengawasan yang sangat ekstra mulai dari orang tua maupun lingkungannya, “kata Sadide.

Oleh karena itu, lanjut Sadide, dengan mengikuti kegiatan sosisalisi tersebut, diharapkan agar para orang tua dapat memahami dan diterapkan tentang perlindungan anak tersebut.

“Jangan sampai anak kita yang belum cukup umur dipaksa untuk mencari kebutuhan ekonomi keluarga jangan sampai terjadi sebelum usia mereka mencapai 18 tahun, karena itu dilarang secara aturan, “lanjut dia.

Sementara, Kepala desa kelaten Toto sangat berterimakasih kepada Anggota DPRD Lamsel (Sadide_red) atas terselenggaranya kegiatan sosisalisai tentang perlindungan anak di desa klaten. Menurutnya, kegiatan itu sangatlah bermanfaat bagi para orang tua khususnya warga didesanya.

“Tentunya saya selaku Kepala Desa Kelaten sangat mendukung diselenggarakannya kegiatan semacam ini, jadi bisa menambah wawasan untuk warga kami, “tuturnya.

Dirinya berharap, kegiatan semacam ini dapat terus diselenggarakan dengan membawa tema yang lebih bermanfaat bagi warganya. “Kalau mau diselenggarakan terus, kami akan selalu mendukung, tentunya dengan membawa materi-materi yang lebih penting lagi untuk masyarakat Desa Kelaten, “ujarnya

Reporter : Anesmi.


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x