x

JPZIS BERES Terus Masifkan Kepedulian Kesehatan Anak, Jengguk Warga Hingga Serahkan Bantuan

waktu baca 4 menit
Minggu, 20 Nov 2022 08:54 0 64 Redaksi Liputan 86

BANYUMAS, L86News.com – Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua peristiwa yang berbeda tetapi tidak bisa dipisahkan. Setiap keluarga mengharap kan anaknya tumbuh dan kembang optimal (sehat fisik, mental/kognitif, dan sosial).

Seringkali orang tua kurang menyadari ketika anaknya mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk itu, orang tua perlu mengenal tanda bahaya (red flag) pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Ada umumnya gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak yang sering ditemukan meliputi gangguan pertumbuhan fisik, perkembangan motorik, bahasa dan perilaku.

Guna terus memberikan mendukung Program Pemerintah dan sukseskan 4 pilar program LAZISNU, khususnya peduli bidang kesehatan termasuk kesehatan balita alami keterlambatan pertembuhan dan respon karena adanya kelainan dalam perkembangan sebagian organ tubuh, sulit bicara dan sulit duduk.

Pemerintah sedang gencar-gencarnya melaksanakan ikhtiar percepatan penurunan angka Stunting, JPZIS NU Care-LAZISNU BERES Purwokerto Barat Banyumas, Kembali melaksanakan pemantauan dan menjenguk satu warga dengan kepala keluarga Dedy Nur Arifin, yang mendapatkan titipan dari Allah Swt seorang anak yang diberi nama Muhyi Arfan A Latif (5 thn), dan saat ini masih mengalami hambatan pertembuhan di Kelurahan Pasir Kidul Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas, Sabtu 19 Nopember 2022 Siang.

Dimana dalam kegiatan tersebut Plt Ketua Pengurus Harian (PH) JPZIS BERES dalam hal ini diwakili oleh Bendahara, Sri Wakhyuni didamping oleh beberapa Petugas Lapangan (PL) JPZIS BERES dan Kayim Kelurahan Pasir Kidul, bersama-sama melihat kondisi balita di RT 002 RW 002 Kelurahan Pasir Kidul Kec Purwokerto Barat, Kab Banyumas

Hadir pada kegiatan tersebut Kayim (mudin) Kelurahan Pasir Kidul Muntoif, bersama Petugas Lapangan (PL) Wilayah pasir Kidul Auliya, Kebanaran Titin Rachmasari, Karanglewas Lor, Nur dan Salim, Rejasari Rois dan Asma beserta Lurah Pasir Kidul yang mewakilkan Kayim dan Tokoh Masyakat setempat dan Orang tua anak.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk membantu dan mendukung program pemerintah dalam percepatan penurunan angka stunting dan sukseskan 4 pilar program LAZISNU, khususnya di wilayah Kec Purwokerto Barat Kab Banyumas, yang didampingi oleh Kepala Kelurahan Pasir Kidul yang diwakili Kayim (mudin), Silaturrahmi kunjungan langsung ke rumah Dedy Nur Arifin di RT 002 RW 002 Kel Pasir Kidul,” jelas Sri Wakhyuni

Bendahara JPZIS BERES, Sri Wakhyuni, mengatakan, dalam kegiatan tersebut sebagai upaya terus masifkan kepedulian dan pentingnya kesehatan, yang didampingi pihak Kelurahan, dengan turun langsung ke rumah masyarakat, dengan melakukan pendataan serta pengecekan secara langsung terhadap kondisi lingkungan, kondisi keluarga dan kondisi pertumbuhan anak,” ucap Sri Wakhyuni

Selanjutnya, Sri Wakhyuni juga menyampaikan hal ini dapat juga mempengaruhi perkembangan otak, mempengaruhi produktivitas, daya serap dan kreativitas di usia produktif anak, sehingga membutuhkan kerjasama dan kerja bareng antara orang tua, keluarga, tokoh masyarakat, tokoh agaman, dengan Puskesmas, pemerintah Kelurahan dan kecamatan serta organisasi kemanusiaan, termasuk NU Care-LAZISNU. Ujar Bendahara JPZIS BERES.

Lebih Lanjut, Sri Wakhyuni, bahwa JPZIS BERES melaksanakan kegiatan hari ini, atas dasar Surat dari Lurah Pasir Kidul Kec Purwokerto Barat, Umroh Mulyaningrum, S.Sos., M.M, No : 003.1/533/XI/2022 tertanggal 17 Nopember 2022, perihal permohonan bantuan dan partisipasi kepedulian kesehatan untuk ikut meringankan beban kebutuhan biaya sehari-hari dan biaya pengobobatan, terapi, salah satu anak sulit bicara, sulit duduk, belum dapat berdiri, belum bisa berjalan, kesulitan menelan makanan, susah tidur, dan sering kejang di wilayah RT. 002 RW 002, Imbuh Sri Wkhyuni.

“Kami dari JPZIS BERES berharap kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dan dapat menginspirasi, menyemangati semua relawan LAZISNU, yang tergabung dalam UPZIS NU dan JPZIS NU se-Kab Banyumas, disamping itu kami juga meminta peran serta aktif dari masyarakat khususnya ibu -ibu yang mempunyai anak balita untuk secara rutin memeriksakan anak-nya ke Posyandu maupun ke Puskesmas terdekat. Jelas Titin PL Kebanaran.

Dalam kegiatan tersebut Pengurus JPZIS NU Care-LAZISNU BERES memberikan bantuan dana untuk membantu meringankan kebutuhan biaya di beberapa hari kedepan, yang langsung diterima oleh Ibu kandung dari Muhyi Arfan A Latif. dengan sumber dana berasal dari Sedekah Koin NU yang dikelolanya pada pos peduli kesehatan, Imbuh Titin

Sementara itu, Lurah Pasir Kidul melalui Mudin (Kayim) Muntoif dan juga atas nama Pemerintah Kelurahan Pasir Kidul dan atas nama keluarga Dedy Nur Arifin yang dikunjungi dan juga penerima bantuan, mengucapkan terima kasih kepada JPZIS BERES atas semua kerjasamanya selama ini, termasuk kegiatan kemanusiaan Peduli kesehatan di wilayah Kelurahan Pasir Kidul, teriring Semoga Allah Swt menerima semua sedekah Para Munfiq, Sedekah pikiran, waktu dan tenaga Tim JPZIS BERES yang semua aktifitasnya mendapat kan Ridlo Allah SWT, Ucap Muntoif

JPZIS BERES, akan terus aktif dalam mendukung program pemerintah, bersama-sama melakukan upaya peduli kesehatan anak dan juga gegiat penurunan stunting dengan melakukan pendampingan kepada pihak Puskesmas maupun berupa pendampingan sosialisasi melalui pendekatan yang menyeluruh kepada warga masyarakat, sehingga timbul kesadaran untuk memeriksakan anaknya ke pelayanan kesehatan terdekat atau posyandu,” Pungkas Rois PL Rejasari

Reporter : Djar/Shlh.


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x