Wakili Distrik Kroya, SD IT Nusawungu Ikut Lomba Sekolah Sehat

waktu baca 2 menit
Kamis, 10 Nov 2022 10:29 0 88 Redaksi

CILACAP, L86News.com – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas terkait bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Cilacap menggelar lomba Kebersihan Sekolah tingkat kabupaten.

Pantauan dilokasi, kegiatan di ikuti beberapa sekolah mewakili masing-masing Distrik di Kabupaten Cilacap meliputi Distrik Cilacap dan Kroya. Tak ketinggalan Sekolah Dasar (SD) IT Nusawungu juga mengikuti kegiatan, Rabo (9/11/2022). 

Kepada Liputan 86, Kpala SD IT Nusawungu, Kamidin M.Pd menjelaskan pada lomba peningkatan literasi sekolah dan kedepankan kualitas anak supaya hidup bersih dan sehat itu pihaknya mewakili Distrik Kroya.

“Dalam lomba ini tim penilai akan memantau seluruh kegiatan sekolah termasuk seluruh ruangan ruang belajar, perpustakaan, kerja guru dan kantin akan di nilai dengan tliti baik dari segi administrasi, teknis dan kelengkapan belajar mengajar,” ujar Kamidin

Menurutnya, beberapa poin penting di SD IT Nusawungu adalah anak muridnya akan di didik dengan baik dengan slogan hidup bersih, jujur, sehat, Islami dan mandiri. “Slogan ini akan dimotori dan didukung langsung oleh pihak Puskesmas Nusawungu (1),” ucap Kamidin.

Terpisah, Camat Nusawungu Misran SH, MM berharap lomba kebersihan sekolah di SD, IT Nusawungu bisa jadi motivasi bagi sekolah lain untuk mendidik siswanya agar membiaskan hidup bersih dan sehat.

“Saya mendukung penuh kegiatan dan program yang di laksanakan SD IT Nusawungu. Semoga sukses dan bisa menanamkan nilai-nilai budaya moral anak Bangsa tertanam sejak usia dini,” ungkapnya

Berdasar informasi, lomba yang diharapkan dapat menanam kan budaya hidup bersih dan suka membaca itu sudah dihadiri tim penilai dari Dinas Kesehatan serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap. 

Risky, Ketua Bidang Sanitasi dan UKS menekankan upaya melatih siswa hidup bersih, fokus dan peningkatkan daya nalar. Sehingga secara teknis, lomba akan benar-benar baik dan berdampak positif bagi siswa maupun guru. 

“Dengan pelaksanaan lomba ini, kami berharap baik kepada siswa maupun guru bisa termotivasi dan mampu meningkatkan semangat belajar mengajar sehingga literasi menjadi meningkat,” ujarnya. 

Menurutnya, Dinas Pendidikan Kabupaten Cilacap sangat  mendukung kegiatan lomba kebersihan sekolah sehat sebagai upaya kebangkitan pasca Pandemi demi peningkatan kualitas pendidikan.

Selain tim penilai dan sejumlah pejabat dinas, acara lomba juga dihadiri seluruh Kepala SD di Kecamatan Nusawungu.

Reporter : Shlh

LAINNYA