x

Sempat Diguyur Hujan, Kampanye Germas di Bandar Sribhawono Sukses Digelar

waktu baca 2 menit
Jumat, 28 Okt 2022 03:15 0 122 Redaksi Liputan 86

LAMPUNG TIMUR, L86News.com – Ratusan warga hadir dan memadati Taman Wisata Danau Kemuning, Kecamatan Bandar Sribhawono, Lampung Timur, Kamis pagi (27/10/22). 

Mereka tampak antusias antusias mengikuti acara kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) meski lokasi sempat di guyur hujan hingga hampir siang.

Kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk komitmen Bupati Lampung Timur M. Dawam Raharjo yang di realisasikan oleh UPT Puskesmas dan Pemerintah Kecamatan Bandar Sribhawono. 

“Sehat itu di mulai dari diri kita sendiri, jika warga selalu sehat maka negri ini juga sehat,” ujar Bupati Lampung Timur, M. Dawam Raharjo saat membuka acara, Kamis siang.

Acara yang dimulai pukul 10.00 Wib itu, selain edukasi dan sosialisasi hidup sehat, juga mengajak masyarakat aktif menjaga lingkungan tetap bersih agar tidak banjir dan menjadi sarang nyamuk 

“Apalagi saat ini musim hujan, ayo kita jaga lingkungan kita, bersihkan sampah dan sarang nyamuk. Jangan sampai terkena penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD),” pesan Dawam. 

Kegiatan Germas ini merupa kan agenda rutin setiap tahun yang bertujuan untuk evaluasi bersama terkait kesadaran masyarakat dalam gerakan hidup sehat. 

”Salah satunya terkait ke bersihan dan pemberdayaan lingkungan sebagai aset utama kesehatan, yakni sarana MCK yang memadai,” kata Ketua TP PKK Yusbariah Dawam Raharjo 

Sehingga, lanjutnya, tidak ada lagi WC cemplong atau jamban serta mengatasi ada nya stunting pada balita, sebab, di Lampung Timur saat ini masih ada 15 desa dengan tingkat stunting cukup tinggi. 

“Tapi Alhamdulillah untuk Kecamatan Bandar Sribhawono sudah tidak ada kasus balita stunting. Artinya, untuk sementara ini dalam katagori aman,” ucapnya.  

Dari kegiatan ini, di harapkan masyarakat dapat mengerti bahwa tidak harus menunggu sakit dulu baru mendatangi Puskesmas. Warga juga harus sadar bahwa check up berkala itu perlu dilakukan.

“Jadi Germas ini perlu digelar sebagai edukasi, kemudian di sebar ke lingkungan hingga terbentuk pola pikir secara sadar melaksanakan hidup sehat sebagaimana mestinya,” ujar Kepala UPTD Puskesmas Bandar Sribhawono, Deky Ismirawansyah

Selain Bupati dan Ketua TP PKK Lampung Timur, hadir juga Kepala Dinas Pendidikan Marsan, Sekertaris Dalduk dan KB Titin Wahyuni, Dinas Kesehatan, Forkopincamdan warga Bandar Sribhawono.

Germas juga dimeriahkan oleh senam bersama, bazar UMKM, pelayan KTP dan KK gratis, BPJS, cek kesehatan, aksi donor darah dan lomba mewarnai bagi siswa-siswi Paud dan TK 

Reporter : Aw/Am


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x