x

Komang Koheri Penuhi Harapan Disabiltas, Sukerman Kini Tersenyum Sumringah

waktu baca 2 menit
Minggu, 21 Agu 2022 21:36 0 57 Redaksi Liputan 86

LAMPUNG TENGAH, L86News.com – Sukerman penyandang disabilitas warga Kampung Fajar Mataram, Kecamatan Seputih Mataram, Lampung Tengah yang sempat biral di sejumlah media, kini sudah tersenyum ceria.

Pasalnya, melalui aspirasi Anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi PDI Perjuangan, I Komang Koheri SE, harapan pria penyandang disabilitas untuk mendapat kan bantuan dari pemerintah terkabul.  

Komang Koheri yang berjanji akan mengupaya kan bantuan, akhirnya datang dan menyalurkan bantuan dari Kementrian Sosial RI melalui Sentra Wyata Guna Bandung.

Bantuan yang di berikan ke Sukerman berupa Alat Reparasi Elektronik untuk membantu mengembangkan usahanya, dan pemenuhan kebutuhan dasar berupa sembako, nutrisi, sandang, lemari dan kasur.

Keoada Liputan 86, Komang Koheri mengatakan, peran masyarakat terhadap penyandang disabilitas perlu di tingkat kan. Karena ini momen baik untuk memperhati kan sekaligus menyelesai kan persoalan yang dihadapi kaum difabel. 

“Di Indonesia dimaknai sebagai bentuk pengakuan terhadap disabilitas, peneguhan komitmen kepedulian untuk mewujud kan kemandirian dan ke sejahteraan disabilitas,” kata Komang Koheri

Faktor pendidikan, kata Komang Koheri sangat penting bagi penyandang disabilitas, pendidikan inklusif bertujuan untuk menyatukan pendidikan reguler dengan pendidikan khusus dalam satu sistem yang menyatukan kebutuhan semuanya. 

Sektor swasta juga didorong untuk bermitra dengan organisasi disabilitas dalam merencanakan kegiatan dan aksi nyata sehingga manfaatnya akan di rasakan.

“Pada dasarnya kaum disabilitas itu membutuh kan intervensi dalam menjalan kan hidup yang normal dan layak, sehingga bisa menjalankan fungsinya sebagai masyarakat,” terangnya. 

Sementara itu, Kepala Tim Respon Kasus Sentra Wyata Guna Bandung, Tahan Isnaeni menjelaskan pemberian bantuan itu bertujuan untuk memberi semangat dan membangkit kan motivasi penyandang disabilitas.

“Ke depannya mari bersama berjuang memenuhi kebutuhan dan hak-hak penyandang disabilitas, mulai dari hal yang kecil hingga fasilitas yang memang harus mereka rasakan seperti warga umumnya,” kata Tahan 

Saat ini, kata Tahan Kemetrian Sosial RI melalui Sentra Wyata Guna Bandung merupakan bukti nyata memberikan perhatian melalui penyaluran bantuan yang bermanfaat oleh difabel.

Pihaknya  juga memohon dukungan dari lembaga yang berada di bawah kementerian baik Dinas Sosial dan panti sosial di Provinsi Lampung khususnya Kabupaten Lampung Tengah

“Khususnya Dapil 2 Lampung Yang meliputi Way Kanan, Lampung Utara, Lampung Tengah, Mesuji, Tulang Bawang , Tulang Bawang Barat dan Lampung Timur agar diberi atensi yang lebih terhadap kaum difabel yang membutuhkan,” tambahnya.

Turut hadir dalam acara penyerahan tersebut Kepala Kampung Fajar Mataram beserta Jajaran, Pendamping Rehsos Dinas Sosial Lampung Tengah, Bhabinkantibmas dan Ketua TKSK Seputih Mataram

Reporter : F86


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x