x

Gubernur Sulteng Dampingi Menteri PUPR Tinjau Dampak Bencana Banjir Torue

waktu baca 2 menit
Selasa, 2 Agu 2022 13:13 0 63 Redaksi Liputan 86

PARIGI MOUTONG, L86News.com – Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono bersama Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Bupati Parigi Moutong meninjau Normalisasi Sungai Torue dan Bendungan Irigasi Torue.

Usai melihat kondisi lapangan, Menteri PUPR dan Gubernur sepakat melaku kan penanganan secepat mungkin dampak Banjir Bandang Torue dengan cara berkalaborasi dan sampaikan dalam konfernsi pers. 

“Saya dan Tim diperintah Presiden Joko Widodo dan setelah melihat kondisi yang ada dan telah sepakat dengan Gubernur untuk berbagi tugas,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Selasa (2/8/2022).

Diantara tugas itu, yakni, pertama, Kementrian PUPR akan melakukan pekerjaan Normalisasi Sungai Torue dan pembangunan Tanggul Penahan Air.

Kedua, Kementrian PUPR akan menangani Bendungan Irigasi Torue agar dalam 3 hari Air sudah bisa berfungsi supaya Padi masyarakat tidak Puso. Kemudian membenahi Bendungan Irigasi Torue yang mengairi sawah seluas 2.200 ha.

Ketiga, Pembangunan Tanggul Pantai di Pemukiman warga sepanjang 500M. Dan ke empat, bagian Gubernur untuk membangun rumah masyarakat yang di terjang Banjir Bandang.

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura mengucap kan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo dan Menteri PUPR atas perhatian dan bantuan terhadap korban banjir di Sulawesi Tengah. 

“Saya atas nama masyarakat sangat berterima kasih dan tadi atas perhatian Pak Menteri sudah akan menangani dengan baik dampak bencana yang terjadi,” ujarnya.

Untuk Provinsi Sulawesi Tengah, lanjut Gubernur, pihaknya sudah minta Kepala BPBD dan Kepala Dinas Perkimtan agar membangun kembali Rumah Masyarakat yang Hancur akibat Banjir.

“Kami mengharap ke pada Menteri PUPR untuk memberi kan dukungan pembangunan jalur Kasimbar – Tambu, ruas jalur distribusi barang Ke IKN serta dukungan penataan jalan ke lokasi Food Estate,” imbuhnya.

Menanggapi usulan Gubernur Sulawesi Tengah tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meng iya kan sekaligus menyampaikan dukungan ke Gubernur. 

Reporter : Abd/Rohman


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x