Yakinkan Polri Bukan Musuh, Satgas Bimas Noken Datangi Distrik Nduga dan Yahukimo

waktu baca 3 menit
Rabu, 11 Mei 2022 08:55 0 103 Redaksi

PAPUA, L86NEWS.COM – Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang tercantum dalam alinea kelima Pancasila merupakan dasar bagi seluruh rakyat Papua yang memiliki hak untuk hidup sejahtera adil dan makmur. 

Dapat memenuhi kebutuhan hidup yang bersifat jasmani, rohani dan sosial sesuai hakekat dan martabat manusia, mengatasi berbagai masalah sosial serta menyediakan tempat pelayanan masyarakat yang lebih baik dan berhak meningkatkan taraf hidup masyarakat, memperkuat ketahanan sosial dan budaya masyarakat berdasarkan nilai luhur budaya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Satgas Binmas Ops Noken Damai Cartenz-2022, melaksanakan giat KOTEKA “Bakar batu” MATOA dan KASUARI lokasi di Distrik Ilaga Kabupaten Puncak, Selasa (10/05/22).

Program Matoa dan Kasuari yang dihadiri Wakasatgas Binmas AKBP Yamin Dian Priono, S.I.K, bersama Aiptu Lalu Hiskam Anandi, Tim medis, Kapolres dan Waka Polres Puncak merealisasi kan Program Binmas Noken membantu meningkatkan kesejahteraan warga di Kabupaten Puncak.

Satgas Binmas Ops Cartenz ini mempunyai beberapa program untuk membantu warga mengembangkan potensi yang sudah ada dengan memberikan bantuan seperti bibit dan lainnya yang di kemas kedalam Program Pertanian, Peternakan dan Perikanan (Kasuari)

“Kami Polri dalam hal ini Ops Damai Cartenz bukan musuh masyarakat, kehadiran kami untuk melindungi dan membantu masyarakat. Kami harap program Satgas Binmas Ops Noken Damai Cartenz-2022 dan acara Bakar Batu dapat menpererat kerja sama dan silahturahmi dengan masyarakat Puncak,” ujar AKBP Yamin Dian Priono.

Salah satu tokoh elit warga yang akan hadir dalam acara adat bakar batu mengucap kan terimakasih atas kunjungan Wakasatgas bersama Tim Binmas Ops Noken Damai Cartenz dan Kapolres Puncak yang selalu bersama masyarakat.

Pada giat Koteka kali ini Wakasatgas Binmas Ops Noken Damai Cartenz memberikan bantuan beras, sembako dan Alkitab kepada tokoh adat dan tokoh Agama. Kemudian pada program Matoa, Wakasatgas juga memberi kan bantuan bola volly, net dan gitar ke pada tokoh pemuda setempat.

“Kami tidak menyangka giat bakar Batu dari Satgas Binmas Ops Noken Damai Cartenz untuk masyarakat Puncak. Kami benar benar mengucapkan terimakasih dan bersyukur dengan penuh suka cita menyamput giat Koteka “Bakar Batu” di Ilaga Kabupaten Puncak,” ungkap Pendeta Samuel Yamon Murib.

Selesai giat Bakar Batu Wakasatgas beserta rombongan melanjutkan Wuringgame Kampung Kago Distrik Ilaga melaksanakan giat Kasuari dengan menyerah kan ternak babi ke Yarinus Hagabal diwakili Elena Labene selaku istri.

Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz kemudian berinteraksi dengan Elena dan keluarga tentang program Kasuari serta beternak yang baik agar peliharaan dapat berkembang lebih banyak sehingga induknya bisa gantian di pelihara warga yang lain.

Wakasatgas Binmas dan Tim Binmas Posko Jayapura kemudian bergerak menuju halaman Gereja GKII Mempelai Sorgawi Kampung Kimak lokasi bakar Batu dan menyampai kan bahwa hadir nya itu untuk membantu mensejahterakan masyarakat

“Kami harap para tokoh dan masyarakat dapat mendukung agar progr bisa berkembang, karena tujuannya agar warga Puncak bisa sejahtera, mandiri dan bisa membantu menciptakan situasi yang kondusif,” ujar Wakasatgas.

Kepada para pemuda yang masih kuat, Wakasatgas mengajak untuk bersama sama menggarap tanah untuk membuat pertanian. ‘Kami harap seluruh warga Puncak membantu TNI/Polri untuk mensejahterakan masyarakat dan menjaga Kamtibmas,” harapnya.

Satgas Binmas dengan Program SI-IPAR (Polisi Pi Ajar) juga terus menggelar giat belajar agar seluruh anak di Puncak bisa membaca, menulis, pintar dan cerdas.

“Kami Satgas Binmas dan Polres Puncak akan selalu mendampingi masyarakat dan tidak ada jarak diantara kami dalam mengembangkan program Satgas Binmas Ops Damai Cartenz membantu mensejahtera kan masyarakat,” pungkas AKBP Yamin Dian Priono

Reporter : Ds86

LAINNYA