Ratusan Siswa SDN 1 Sukamulya Ikuti Pesantren Kilat Ramadhan, Sarpawi : Kami Utamakan Materi Baca Al-Qur’an

waktu baca 2 menit
Kamis, 21 Apr 2022 13:30 0 138 Redaksi

LAMPUNG SELATAN, L86NEWS.COM— Ratusan siswa SDN 1 Suka Mulya kecamatan Palas Lampung Selatan ikuti kegiatan Pesantren kilat Ramadahan dengan antusias yang berlangsung di sekolahnya pada selasa 19 april hingga 21 april 2022.

Para siswa sangat senang mengikuti pesantren kilat tersebut. Mereka mengikuti secara disiplin dan penuh khidmat dengan didampingi para guru.

Pasca Covid-19, kondisi berangsur pulih maka setiap kegiatan seperti pesantren kilat sudah diperbolehkan. Namun dalam pelaksanaannya tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Pesantren kilat pada Ramadhan 1443 H ini di ikuti sebanyak 230 dan diisi dengan materi seperti materi keimanan, praktek ibadah, baca Al-qur’an, tentang ahlak, dan lainnya. “Yang ikut siswa kelas 3 sampai kelas 5, mulainya pukul 7:30 sd 11:00,”kata sarpawi, kamis (21/4/2022).

Dijelaskan Sarpawi, tujuan persantren kilat ramadhan ini bertujuan untuk melatih anak agak dalam berbuat atau bersikap lebih baik dan meningkatkan ibadah anak di bulan ramadhan.

“Selain itu, agar anak tidak banyak bermain dan banyak belajar agama. Saya utamakan itu baca Al-qur’an. Kalau bisa, habis sholat taraweh anak-anak tadarusan. Habis itu, setelah saur sholat subuh lalu baca Al-qur’an. Dan kalau bisa, selama bulan ramadhan hatam 30 juz,” ungkapnya.

Selama berlangsung giat ini, seluruh guru hadir memberi materi per kelas. Dan kegiatan pesantren kilat ini juga terus dilakukan setiap bulan ramadhan.

“Materi tiap kelas berbeda materi. yang ikut ada 12 kelas, jadi 12 guru yang ngisi. Yang bagian baca Al-Qur’an, gurunya khusus. yang bagian keimanan, gurunya khusus keimanan, begitu juga bagian praktek ibadah, jadi masing-masing, kami utamakan materi baca Al-Qur’an,” jelasnya.

Dengan adanya pesantren kilat yang di gelar setiap bulan ramadhan, kata sarpawi, banyak peningkatan pada tingkat kesopanan siswa.

“Alhamdulillah, banyak peningkatan. Terutama pada nilai kesopanan siswa terutama pada orang tua, lingkungan. Dan anak-anak juga tertarik dengan adanya hadroh, jadi anak-anak ini seneng dengan hadro. Di sekolah juga kita sediakan alat-alat hadroh, di luar sekolah mereka latihan, diluar sekolah anak-anak juga latihan dan belajar ngaji/baca Qur’an,” ungkapnya

Kegiatan pesantren kilat ini juga mendapat dukungan penuh dari wali murid. “Wali murid seneng, anak-anaknya ikut pesantren kilat. Antusias mereka anter jemput kesekolah,” pungkasnya.

Sementara, dua siswa perawakan kembar Naila dan Naili mengatakan bahwa mereka merasa senang mengikuti kegiatan pesantren kilat di sekolahnya. “Rasanya seneng. Kami belajar baca Qur’an, belajar keimanan, praktek solat,” kata Naila dan Naili berbarengan.

Reporter : Anesmi

LAINNYA