x

Sosong Ramadhan, Gugus Depan SDN 2 Pematang Pasir Gelar Kegiatan Perkemahan

waktu baca 2 menit
Senin, 28 Mar 2022 20:13 0 39 Redaksi Liputan86

LAMPUNG SELATAN, L86NEWS.COM – Gugus Depan SDN 2 Pematang Pasir gelar kegiatan perkemahandalam rangka menyongsong bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah dengan Motto Pramuka Selalu Berjaya dan Bisa Menghadapi Era Globalisasi.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dari Senin 28 Maret sampai Rabu 30 Meret 2022 tersebut bertempat di halaman SDN 2 Pematang Pasir, Desa Way Sido Mukti, Kecamatan Ketapang Lampung Selatan. Acara di ikuti seluruh siswa-siswa sekolah dasar setempat. 

Selaku Kamabigus Sdn 2 Pematang Pasir, Raden Supriadi S.Pd mengatakan kegiatan berjalan selama 3 hari dengan diikuti peserta tingkat siaga dan penggalang. “Siaga 1 hari, pesertanya 51 siswa. Penggalang, 2 hari jumlah peserta 43 siswa,” ujarnya, Senin (28/3/2022).

Dijelaskan Raden Supriyadi, hari pertama dimulai dengan kegiatan upacara pembukaan perkemahan, setelah itu giat peningkatan mental spritul seperti penghapalan surat pendek, doa harian, hapalan nama-nama malaikat dan tugasnya. 

“Bagi anak yang hapal surat atau ayat pendek, doa-doa, nama malaikat dan tugas-tugasnya, di suruh maju kedepan untuk melantunkan di hadapan peserta dan pembina. ada juga kegiatan meniti bambu, anak-anak pada senang,” ujarnya.

Kegiatan selanjutnya, Patriotisme yakni menyanyi kan lagu kebangsaan, lagu nasional dan menyebutkan nama-nama tokoh negara. Setelah itu berlanjut dengan kegiatan kepramukaan seperti tri satya, dasa darma, lambang-lambang pramuka dan struktur organisasi. 

“Hari kedua ada kegiatan ketangkasan/keterampilan seperti heking, pionering, sandi-sandi, tali temali, pendidikan baris berbaris dan P3K. Malamnya persiapan dan pelaksanaan api unggun,” kata mantan Kepala SMPN Satap Lebung Nala ini. 

Kegiatan di hari ketiga, di mulai pukul 04:30 Wib persiapan dan pelaksanaan sholat subuh berjamaah, mandi pagi. Setelah itu semua peserta berkumpul untuk apel dan senam pagi di lanjut pelaksanaan upacara penutupan. 

“Rencananya, pas penutupan Kepala Kwaran Ketapang akan hadir, Korwil juga dan bagi regu tergiat (juara) dapat hadiah. semua peserta nanti di kasih piagam biar menambah semangat dan sebagai kenang kenangan,” pungkasnya.

Reporter : Anesmi


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

LAINNYA
x
x