x

Lomba Desa, Pelindung Jaya Tonjolkan Potensi, Sejarah dan Hasil Pembangunan 

waktu baca 2 menit
Senin, 28 Mar 2022 21:39 0 74 Tim Redaksi 1

LAMPUNG TIMUR, L86NEWS.COM – Setelah di nilai mampu mewakili sejumlah desa di Kecamatan Gunung Pelindung, Desa Pelindung Jaya kini tampil dan siap mengikuti lomba desa dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten Lampung Timur tahun 2022,

Berbagai produk kuliner dari UMKM dan kerajinan tangan di pamerkan di stand-stand pameran untuk di nilai oleh para juri. Di luar itu, sejumlah hasil pertanian dari bumi Pelindung Jaya juga di pamerkan. Di tengah penilaian juga di lakukan peresmian kantor Desa Pelindung Jaya, Senin (28/03/2022)

Kades Pelindung Jaya, Wahab mengatakan, hari ini adalah tindak lanjut hasil penilaian lomba desa tingkat kecamatan sebagai juara satu. Maka hari ini Pelindung Jaya maju mengikuti lomba desa tingkat kabupaten.

“Kami berharap dengan lomba desa ini kita bisa lebih tertib administrasi, lebih bersih dan aman. Yang jelas lebih menjadi kegiatan positif bagi masyarakat nya. Selain itu kami juga meresmikan kantor desa yang kami bangun melalui anggaran Dana Desa  tahun 2018 dan 2019,” ujarnya

Wahab menambahkan, Desa Pelindung Jaya pada awalnya merupakan daerah umbulan yang bernama Pelindungan, yakni merupakan bagian dari Desa Pempen Kecamatan Labuhan Maringgai saat masih Kabupaten Lampung Tengah. Daerah ini, saat masa penjajahan Belanda dan Jepang di kenal paling aman. 

“Pada waktu itu ada semacam kepercayaan bahwa siapapun orang yang lari dari kejaran Belanda atau Jepang kemudian berlindung diumbul atau pelindungan ini pasti akan selamat dan sejak itulah daerah pelindungan ini mulai di kenal oleh banyak orang, baik dari dalam maupun luar daerah,” ucapnya.

Kemudian, melalui Musdes antara Kepala Desa Pempen Hi Ismail Karim bersama para tokoh Desa Pempen di fasilitasi aparat Kecamatan Labuhan Maringgai, ahirnya disimpul kan Pelindung Jaya dapat dimekarkan.

“Karna persyaratan persaratan yang dibutuh kan untuk pemekaran suatau desa sudah dapat terpenuhi, maka pada tanggal 23 Juli 1986 di kukuhkan Desa Pelindung Jaya dengan Status Desa Persiapan” ungkapnya.

Beberapa tahun kemudian, Desa Persiapan Pelindung Jaya, menurut Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dinilai layak untuk di mekar kan. “Maka pada tanggal 25 Maret 1991, Desa Persiapan Pelindung Jaya dikukuhkan menjadi Desa Definitif Dengan Nama Desa Pelindung Jaya,” pungkasnya

Reporter : Ahmad


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca