x

3 Hari Kedepan, Polres Kebumen Gelar Ujian Samjas di Stadion Candradimuka Kebumen

waktu baca 2 menit
Kamis, 10 Mar 2022 12:58 0 63 Redaksi

KEBUMEN, L86NEWS.COM – Selama tiga hari kedepan, Polres Kebumen menggelar Ujian Kesamaptaan Jasmani (Samjas) kepada seluruh personelnya.

Ujian Samjas dilaksanakan di Stadion Candradimuka Kebumen, dan dibuka langsung oleh Wakapolres Kebumen Kompol Edi Wibowo, Kamis (10/3).

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui amanat yang dibacakan oleh Kompol Edi Wibowo, Ujian Samjas yang sedang dilaksanakan, merupakan Ujian Samjas Periodik Semester 1 Polres Kebumen.

“Ujian Samjas yang dilakukan 6 bulan sekali wajib diikuti seluruh personel Polres Kebumen, serta seluruh ASN Polres Kebumen, yang memiliki tujuan untuk mengukur tingkat kebugaran masing-masing personel,” jelas Kompol Edi Wibowo.

Dari Ujian Samjas itu pula, akan diketahui kesiapan stamina serta sekaligus untuk memelihara kesehatan, agar selalu siap menjalankan tugas kepolisian.

Hasil penilaian Ujian Samjas selanjutnya akan dilaporkan ke Polda Jateng, karena merupakan komponen penilaian Program 13.

Penilaian komponen Program 13 ini juga menjadi salah satu syarat personel, untuk bisa mengikuti pendidikan pengembangan umum Polri, ataupun ASN Polri, termasuk persyaratan pengusulan kenaikan pangkat serta pendidikan lanjutan bagi ASN Polri.

Sebelum mengikuti Ujian Samjas, para personel dicek kesehatannya terlebih dahulu, selanjutnya mengikuti rangkaian test diantaranya lari 12 menit, push up, pull up, sit up, dan shuttle run.

Jika pada awal pengecekan kesehatan didapati kesehatan personel kurang vit, Ujian Samjas baru bisa diikuti pada hari selanjutnya saat kondisi kesehatan telah kembali normal.

Reporter : Fitri / Humas

LAINNYA
x
x