Pembangunan Tanggul Permanen Jadi Prioritas Musrenbang Cabangbungin

waktu baca 3 menit
Kamis, 3 Feb 2022 20:53 0 149 Redaksi

BEKASI, L86NEWS.COM – Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Jabar, hari ini menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di halaman Kantor Desa Setiajaya kecamatan setempat, Kamis (03/02/2022).

Dalam sambutannya, Camat Cabangbungin, Asep Buhori.S menjelaskan potensi wilayah nya yang meliputi delapan desa dengan 55.810 jumlah penduduk dan memiliki wilayah seluas 4.779 hektar.

“Adapun skala prioritas Musrenbang ini, 15% di sektor kesehatan yakni peningkatan tipe RSUD Cabangbungin dari tipe D ke tipe C, Rehab berat Pustu Jayalaksana dan Pustu Jayabakti dan Pembinaan kader Posyandu di 8 desa,” ujarnya.

Di sektor pendidikan, lanjut Camat, sekitar 10 % dengan prioritas meliputi Rehab total gedung SMPN 1 Cabangbungin dan Rehab berat gedung SDN 3 Setiajaya. Sedangkan sektor sarana dan prasarana, perbaikan Tanggul Kritis Kali Citarum di 5 titik.

“Khusus untuk Tanggul Kritis di Desa Lenggahjaya yang sudah dikunjungi pak Bupati dan pak Sekda yang saat itu masih menjabat sebagai Kepala Bappeda, kami harap segera dibuat permanen. Karena saat ini sedang di perbaiki secara kegawatan,” tandasnya.

Perbaikan jalan Kampung Pulo Tapis sampai Pulo Gelatik sepanjang hampir 3 kilo meter, juga menjadi prioritas usulan. “Sedangkan usulan prioritas desa akan di sampaikan saat pembahasan Musrenbang nanti dengan tim,” kata Asep.

Menurutnya, pada tahun 2022 ini, realisasi pembangunan yang diterima desa diwilayah dia sangat minim. Bahkan Desa Sindangjaya usulannya tidak ada realisasi. “Kami memahami karena selama 2 tahun ini anggaran di titik beratkan untuk penanganan covid 19,” ungkapnya.

Namun, jika pandemi ini berakhir, Asep berharap pembangunan dapat di realisasikan. “Dan melalui Musrenbang kali ini, kami mohon di tahun 2023 nanti Bapak Bupati bisa lebih banyak usulan yang di realisasikan,” harap Asep

Mengawali sambutannya, Plt. Bupati Bekasi H. Akhmad Marjuki mengungkap kan rasa bangganya karena Musrenbang kali ini di hadiri Anggota DPRD dari Dapil V dan lengkap dengan 8 Kades se-Kecamatan Cabangbungin.

“Saya pun tidak mau kalah, saya juga membawa pasukan lengkap ada dari Bapeda, Perkimtan, Tim Monitoring, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan insyaallah semua usulan pembangunan dari masing masing kepala desa bisa di aspirasikan dan dan tidak terlewatkan, ucap Plt Bupati Bekasi.

Terkait tanggul Citarum di Cabangbungin, H. Akhmad berjanji akan di bangun secara permanen pada tahun 2023. “Insyaallah di tahun 2023 pembangunan tanggul secara permanen akan direalisasikan, karena kami juga tidak tinggal diam, terus bersurat disertai bukti faktual di lapangan, dan Alhamdulilah dari pihak Pusat, Bappenas, Kemandagri dan BBWS akan menganggarkan, meski bukan kewenangan Pemkab Bekasi,” jelasnya.

Selain PLT Bupati dan Camat, Musrenbang juga dihadiri Plt Bapeda, tiga orang Anggota DPRD, Plt Dinas Perkimtan, Tim Monitoring, Perwakilan Dinas Kesehatan, UMKM, Camat, Kapolsek, Danramil Forum BPD, Direktur RSUD, Kepala UPTD, Tokoh dan 8 Kades.

Reporter : D. Silalahi

LAINNYA