x

Terima DPD FGII, Rektor Unila Ingatkan Bahaya Paham Radikalisme di Sekolah

waktu baca 2 menit
Selasa, 25 Jan 2022 18:46 0 123 Redaksi Liputan 86

BANDAR LAMPUNG, L86NEWS.COM – Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si. mengingatkan DPD Federasi Guru Independen Indonesia (FGII) Provinsi Lampung harus memberikan pemahaman kepada guru dan siswa di sekolah tentang toleransi beragama dan menghargai keberagaman.

Hal itu ditegaskan Prof. Dr. Karomani, M.Si., saat menerima audiensi dan kunjungan silaturahmi DPD FGII Provinsi Lampung di ruang kerjanya, Selasa (25/1/2022) pagi.

Prof. Karomani menjelaskan saat ini bangsa Indonesia dihadapkan pada situasi yang cukup mengkhawatirkan bagi bingkai persatuan dan kesatuan bangsa. Hal itu disebabkan adanya kelompok-kelompok tertentu yang kerap menyalahkan dan mencaci maki kelompok lain.

Oleh sebab itu, dia meminta FGII Provinsi Lampung memberikan pemahaman tentang toleransi, keberagaman serta bagaimana menghargai perbedaan.

“Perbedaan itu adalah sebuah anugerah. Jika Tuhan memang menginginkan semua manusia itu sama, itu bukan hal yang sulit. Namun, kenyataannya Tuhan telah menciptakan keberagaman, tentu dengan alasan yang baik bagi manusia. Karena itu FGII harus mampu mengajarkan tentang toleransi dan mencegah paham-paham radikalisme di sekolah. Tidak ada tempat bagi yang intoleran di NKRI ini,” ujar Rektor.

Menanggapi hal ini, Ketua DPD FGII Provinsi Lampung Anton Kurniawan, S.Pd., M.M., melalui Penasehat FGII Lampung M. Suharyadi, M.Pd., mengatakan sepakat dengan pemikiran dan gagasan Rektor Unila tersebut.

Menurut M. Suharyadi, kepala sekolah harus bisa mengawasi sekolah yang dipimpinnya secara komprehensif, termasuk juga tentang pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas maupun di ekternal; intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

“DPD FGII Provinsi Lampung sangat sepakat dan mendukung sepenuhnya gagasan Pak Rektor. Ke depan DPD FGII Lampung akan melakukan pendekatan dengan kepala sekolah-kepala sekolah sekaligus mensosialisasikan terkait bahayanya paham radikalisme dan intoleran di sekolah. Jangan sampai paham radikalisme semakin massif masuk ke dunia pendidikan kita,” ujar M. Suharyadi.

Dalam kunjungan ini, Tim DPD FGII Provinsi Lampung yang terdiri dari Ketua Anton Kurniawan, S.Pd., M.M., Wakil Ketua Abraham Saleh, M.Pd., Sekretaris July Andrianto, M.Pd., serta Penasehat DPD FGII Provinsi Lampung M. Suharyadi, M.Pd. dan Isha Nurhamid, M.Pd.

Reporter: Andi J


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x