Peduli Generasi Muda, Batuud Koramil 15/PS Berikan Materi Wasbang

waktu baca 2 menit
Minggu, 27 Agu 2023 11:22 0 77 Redaksi

LAMPUNG TIMUR, L86News.com – Bati Tuud (Bintara Tata Usaha Urusan Dalam) Koramil 429-15/Pasir Sakti Kodim 0429/Lamtim Peltu Widodo berikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di SMK PGRI Pasir Sakti, Minggu (27/8/2023).

Pemberian materi Wasbang dalam rangkaian pelantikan tamu Ambalan Gudep SMK PGRI Pasir Sakti diikuti sebanyak 230 Siswa/siswi.

Dihadapan para peserta Peltu Widodo mengatakan, menanamkan kembali konsesus dasar nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika bagi para pelajar merupakan hal yang sangat pas dan dibutuhkan.

“Sebab di era globalisasi seperti sekarang ini salah satu tantangan bagi para pemuda jika tidak dilandasi dengan wawasan kebangsaan yang kuat akan melemahnya ideologi dalam berbangsa dan bernegara”, ujarnya.

Lebih lanjut Batuud mengutarakan, mengenai potensi berkembangnya Bangsa Indonesia menjadi negara maju dengan peran generasi muda yang menjadi penerus bangsa.

Namun potensi tersebut juga menjadi ancaman serius bagi bangsa apabila para generasi muda terjerumus pada hal-hal yang bersifat negatif, seperti apatis, salah pergaulan, penggunaan narkoba dan hilangnya rasa nasionalisme terhadap bangsa.

“Oleh karena itu, diperlukan wadah bagi para pemuda agar mempunyai cara pandang atau pola pikir yang dilandasi akan kesadaran diri terhadap bangsa agar mampu berkontribusi terhadap negara dengan menyesuaikan perkembangan yang ada,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala SMK PGRI Pasir Sakti berharap dengan melibatkan TNI dari Koramil setempat lebih memberikan semangat serta motivasi para Siswa/siswi untuk mengikuti kegiatan pembekalan materi Wasbang.

“Harapannya agar para siswa bisa aktif dalam bela negara, terutama dalam menanamkan jiwa kedisiplinan sebagai generasi penerus yang tangguh, mempunyai mental, karakter yang unggul serta berwawasan kebangsaan”, harapnya.

Reporter : Tar/Pendim

LAINNYA