Ucap Syukur Hasil Melimpah, Petani Pesisir Laut Selatan Gelar Tradisi Baritan

waktu baca 2 menit
Kamis, 5 Jan 2023 21:39 0 221 Redaksi

CILACAP, L86News.com – Sebagai bentuk ucap syukur ke pada Alloh SWT, atas limpahan rahmat dan rezeki, Paguyuban Petani Desa Wadara Payung, Kecamatan  Binangun, Kabupaten Cilacap menggelar Tradisi Baritan, Kamis (5/1/2023.

Acara sakral yang di gelar warga sekitar pantai laut selatan itu di hadiri oleh Forkopincam Binangun, Babinsa, Babinkamtibmas, Lembaga Desa, Pemdes, Tokoh, RT, Karang Taruna dan PKK desa setempat.

Kades Widara Payung Wetan, Sumarno S,Pd mengatakan, pertemuan yang di adakan di tepi pantai itu adalah bentuk syukur kepada.Alloh SWT atas nikmat sehat dan limpahan rezeki selama tahun 20222. 

“Jadi kegiatan ini merupakan bentuk syukur kepada Alloh SWT karena selama setahun ini kita telah diberikan ke selamatan, diberikan hasil laut dan pertanian yang cukup melimpah,” ujar Sumarno

Secara potensi, kata Sumarno, Desa Widara Payung Wetan cukup menjanjikan jika di kelola dengan baik. Tidak hanya bidang pertanian dan kelautan, tapi juga memiliki tempat wisata pantai yang indah.

“Wisata Ini bisa mendatang kan pendapatan bagi warga sekitar jika di kelola dengan baik. Kita hidup di pantai pesisir harus banyak berdoa dan ikhtiar dengan penuh ke ikhlasan,” pungkas Sumarno.

Selaku Babinkamtibmas desa setempat, Aiptu Suparyo menyatakan siap secara bersama sama menjaga ke amanan wisata pantai pesisir Selatan. “Kita jaga ke selamatan para pengunjung dan pengendara motor dari orang orang yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya .

Sementara, Ketua Satpol PP Kecamatan Binangun, Ngadiman mewanti wanti masyarakat terkait cuaca yang saat ini sedang tidak menentu. Menurutnya warga sekitar pantai harus tahu dan banyak berdoa serta ikhtiar. “Selalu waspada dan harus berusaha serta berdoa kepada Allah SWT,” ucapnya.

Reporter : Slh86

LAINNYA