Keluhkan Jalan Rusak, Warga Desa Mergawati Berharap Pemerintah Turun dan Memperbaiki

waktu baca 2 menit
Sabtu, 19 Okt 2024 15:45 0 15 Redaksi

CILACAP, L86News.com – Desa Mergawati, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, menghadapi masalah serius terkait infrastruktur jalan. Salah satu jalan utama yang menghubungkan RT 04/03 di desa ini, mengalami kerusakan parah yang sudah berlangsung lama.

Kondisi jalan yang rusak tidak hanya mengganggu aktivitas harian warga, tetapi juga menjadi hambatan bagi akses ke tempat-tempat penting seperti tempat ibadah dan sekolah. Sabtu, 19 Oktober 2024.

Sobari, warga setempat mengatakan, jalan rusak itu sudah lebih dari 10 tahun tidak mendapatkan perbaikan dari pihak berwenang. Jalan yang rusak sekitar seribu meter dan merupakan jalur utama yang menghubungkan Desa Mergawati dengan Desa Pucung Lor di Kecamatan Kroya.

Selain itu, lokasi jalan ini juga dekat dengan majelis Dzikir dan Sholawat yang diasuh oleh Gus Nur serta sering di gunakan warga untuk kegiatan keagamaan.

“Kondisi jalan seperti ini tentu berdampak pada kenyamanan dan keamanan masyarakat. Setiap hari, warga Mergawati harus menghadapi jalan berlubang dan membahayakan pengguna kendaraan, terutama saat musim hujan ketika jalanan menjadi licin dan berlumpur,” kata Sobari.

Selain tidak hanya berisiko bagi keselamatan, lanjut Sobari, juga menghambat aktivitas ekonomi warga yang bergantung pada kelancaran transportasi. Akses menuju sekolah juga menjadi terganggu.

Anak-anak yang menempuh pendidikan harus berhadapan dengan kondisi jalan yang tidak layak hingga berpotensi menurunkan semangat belajar. Selain itu, saat kegiatan keagamaan warga juga mengalami kesulitan mencapai tempat ibadah, terutama saat acara-acara besar yang melibatkan banyak orang.

“Kami berharap pemerintah dan dinas terkait bisa turun untuk memperbaiki jalan yang rusak ini. Perbaikan jalan bukan hanya akan meningkatkan kualitas hidup warga, tetapi juga memperlancar aktivitas sehari-hari sekaligus mendukung perkembangan desa baik dari segi ekonomi, pendidikan dan keagamaan,” ucapnya.

Salah satu warga yang sudah lama tinggal di desa itu, menyampaikan bahwa keluhan terkait kerusakan jalan sudah sering di sampaikan ke pihak berwenang, namun hingga saat ini belum ada tindakan nyata. Warga berharap, dengan adanya perhatian lebih dari pemerintah daerah, masalah ini bisa segera ditangani.

Reporter : Shol

LAINNYA