x

Manfaatkan DD, Pemdes Pringtutul Bantu 4 Ekor Sapi Perkuat Sektor Peternakan

waktu baca 2 menit
Selasa, 17 Sep 2024 20:06 0 18 Redaksi

KEBUMEN, L86News.com – Manfaatkan Dana Desa (DD), Pemerintah Desa (Pemdes) Pringtutul, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen memberi kan bantuan berupa 4 ekor sapi kepada kelompok tani di desanya

Kepala Desa (Kades) Pringtutul Sumardi menjelaskan, pemberian bantuan sapi tersebut bertujuan untuk memperkuat sektor peternakan sebagai salah satu sumber ketahanan pangan di desa.

“Bantuan 6 ekor sapi ini pengelolaan di berikan kepada Kelompok Tani Sidamulya. Kami berharap bantuan itu bisa menjadi sumber tambahan penghasilan sekaligus memperkuat ketahanan pangan melalui peternakan,” ujar Kades, Selasa (17/9)

Guna memaksimalkan potensi lokal melalui ketahanan pangan berkelanjutan, sambung Kades, kelompok tani juga akan di beri pelatihan dan pendampingan teknis agar peternakannya berjalan baik sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan.

“Bantuan sapi ini juga dapat dimanfaatkan dalam integrasi dengan sektor pertanian lain seperti penggunaan pupuk organik dari kotoran sapi untuk meningkatkan kualitas tanah pertanian,” imbuh Kades.

Disisi lain, desa yang juga sedang membangun jalan rabat beton itu kini tengah di lakukan monitoring dan evaluasi (Monev) pekerjaan. Terlihat Camat, Polsek dan Babinsa hadir disana.

Camat Rowokele, Katut Waloyo menjelas kan, jalan rabat beton ini akan memudah kan warga menuju ke pasar, ke fasilitas kesehatan, pendidikan dan berbagai kebutuhan hingga ekonomi meningkat dan waktu tempuh lebih efisien.

“Monev ini bertujuan untuk memastikan proyek jalan rabat beton di bangun sesuai dengan standar teknis, dan memiliki kualitas yang baik, sehingga dapat di gunakan oleh warga setempat,” kata Camat.

Reporter : Shol

LAINNYA
x
x