Pengaman Pilkada, Polres Nias Gelar Simulasi Sispam Kota

waktu baca 2 menit
Jumat, 30 Agu 2024 19:49 0 20 Redaksi

GUNUNGSITOLI, L86News.com – Polres Nias melakukan Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota dalam rangka Operasi Mantap Praja Toba 2024, Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/ Wakil Walikota di Wilayah Hukum Polres Nias.

Sispam kota yang di laksanakan Oleh Polres Nias mengambil Lokasi di Taman Ya`ahowu Kota Gunungsitoli Sumut. Dengan Melibatkan Personil Polres Nias, Personil Satuan Brimob Batalyon C Kompi 4, Personil Kodim 0213 Nias, Dishub dan Sat Pol PP Kota Gunungsitoli.

Kapolres Nias AKBP Revi Nurvelani, SH, S.IK,MH dalam sambutanya mengatakan pelaksanaan Sispam kota bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan Sdm, kesiapan sarana dan prasarana serta cara bertindak tetap berpedoman pada peraturan dan perundang undangan.

“Pada pelaksanaan simulasi Sispam kota ini, tetap akan melaksanakan perannya sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat, sekaligus melakukan penegakan hukum, kepada masyarakat yang melakukan perbuatan melanggar hukum pada Pilkada 2024 di wilayah Hukum Polres Nias “ Ujar Revi

Pada Pelaksanaan Simulasi Sspam kota mengambil skenario keributan di salah satu kantor KPU Nias. Para pemeran memainkan skenario sistim pengamanan kantor KPU, kemudian himbauan oleh Negosiator kepada para pengunjuk rasa.

Secara bertahap mekanisme menurunkan Dalmas awal, Dalmas lanjutan, termasuk menggunakan kekuatan Brimob dan TNI. Pada Simulasi itu, Brimob memperagara kan protap penggunaan Water Cannon dan penembakan gas air mata, pemadaman api, cara berlindung dan memberikan Pertolongan ke korban pengunjuk rasa

Walikota Gunungsitoli, Sowa`a Laoli yang turut menyaksikan acara menyambut baik pelaksanaan Simulasi sispam kota. “Saya menyaksikan langsung kegiatan dan terlihat kesiapan Polres Nias dalam menghadapi Pengamanan Pilkada di wilayah hukum Polres Nias,” ujarnya.

Hal senada di sampaikan ketua DPRD Kabupaten Nias Barat Drs. Evolut Zebua yang turut hadir menyaksikan Simulasi. Sebagai Ketua DPRD, Ia mengucapkan terima Kasih Kepada Polres Nias karena telah memberikan gambaran tahapan pengamanan Pilkada dan juga Propram pengamanan unjuk rasa. “Saya yakin Polres Nias mampu melaksanakan
Pengamanan Pilkada 2024 dengan Baik,” ucapnya.

Sementara, mewakili Dandim 0213/Nias Letkol Inf. TP. Malau, Kasdim 0213/Nias Mayor Inf. C. Telaumbanua, mengatakan TNI dalam hal ini Kodim 0213 Nias, siap memberi bantuan personil kepada Polres Nias jika dibutuhkan. “90% Personil Kodim 0213/Nias ditambah 1 Peleton dari Batalyon siap di gerakkan Setiap Saat,“ ujarnya.

Kapolres Nias AKBP Revi Nurvelani melalui Kasi Humas Iptu O. Daeli juga menyampai kan permohonan maaf kepada masyarakat khususnya pengguna jalan dan sekitar Taman Ya`ahowu, karena aktivitas terganggu beberapa saat karena pelaksanaan Simulasi sispam kota

Reporter : Sab86

LAINNYA