x

BPD Lamtim Gelar Sosialisasi Penanggulangan Bencana Hidro Meteorologi di Pugung Raharjo

waktu baca 2 menit
Kamis, 29 Agu 2024 16:28 0 67 Redaksi

LAMPUNG TIMUR, L86News.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Timur menggelar Sosialisasi penanggulangan bencana Hidro Meteorologi diaula Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kamis (29/08/2024)

Sosialisasi di lakukan sebagai bentuk siap siaga BPBD) dalam menghadapi segala kemungkinan terjadinya bencana dengan mengantisipasinya melalui sosialisasi, edukasi dan mitigasi pengurangan resiko bencana dengan membentuk posko siaga darurat.

Pada acara yang dibuka pukul 10:00 Wib tersebut Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Sekampung Udik Haryadi menyampaikan selamat datang kepada para peserta sosialisasi yang terdiri dari perangkat desa se kecamatan setempat dan pihak penyelanggara BPBD Lampung Timur.

Ketua BPBD Kabupaten Lampung Timur, Anjang Ris. S dalam sambutannya mengajak peserta sosialisasi memberi masukan cara penanggulan bencana hidrometeorologi seperti bencana angin puting beliung dan lainnya.

Menurutnya kegiatan sosialisasi seperti itu, desa wajib menganggarkan melalui dana desa. Tujuannya yakni untuk melaku kan penataan mitigasi wilayah terdampak bencana hidrometeorologi.

“Sosialisasi yang kami berikan ini meliputi tata cara dalam menghadapi bencana hidrometeorologi, kekeringan, kebakaran lahan dan hutan, banjir, longsor, cuaca ekstrim, angin kencang dan angin putting beliung,” jelasnya

Dijelaskan, tata cara tersebut penting dan seharusnya dapat dikenali dan diantisipasi. Termasuk diantaranya, ancaman-ancaman yang akan timbul sehingga seminimal mungkin dapat mengurangi resikonya.

“Salah satunya adalah dengan memberi kan informasi yang jelas dan benar kepada masyarakat dengan melibatkan peran serta media yang ikut menyaring berita-berita terkait bencana sebelum di share ke publik,” pungkasnya

Reporter: Rus86

LAINNYA
x
x