96 Mahasiswa Semester II Kebidanan Unika Ruteng Laksanakan Capping Day

waktu baca 2 menit
Jumat, 19 Jul 2024 21:29 0 222 Redaksi

MANGGARAI, L86News.com – Sebagai tindaklanjut telah selesainya praktik lapangan bagi mahasiswa kebidanan sem II Unika Santu Paulus Ruteng, maka diadakan kegiatan ucap janji atau biasa disebut sebagai capping day. Jumat, 19 Juli 2024 di Aula De Lelis Fakultas Ilmu Kesehatan Unika Santu Paulus Ruteng.

Capping Day adalah suatu seremonial ucap janji yang dilakukan oleh mahasiswa Kebidanan yang telah menyelesaikan pembelajaran dan mengawali terjun ke dunia profesi yang sesungguhnya.

Capping day ini dikuti oleh 96 mahasiswi D-III Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Unika St. Paulus Ruteng. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Ikatan Bidan Cabang Ruteng, Maria Yasinta Aso, SST bersama dosen-dosen Kebidanan.

Pantauan media ini, petugas yang melakukan pemasangan cap kepada 96 mahasiswi kebidanan Unika Santu Paulus Ruteng adalah Ketua Ikatan Bidan Indonesia Cabang Manggarai Maria Yasinta Aso, SST dengan ketua Prodi DIII Kebidanan.

“Capping day tahun ini kita mengangkat tema ‘Melalui Angkat Janji Tanamkan Semangat Melayani Pada Pelayanan Kebidanan. Tema ini sebagai bentuk janji atas profesi yang akan mereka emban dalam duni kerja di kemudian hari”, Terang Ketua Prodi D-III Kebidanan, Silfia Angela Norce Halu S.ST, MPH.

“Sembilan puluh enam orang yang sudah mengangkat janji merupakan mahasiswi Kebidanan yang sudah melaksanankan praktik lapangan di beberapa tempat pelayanan kesehatan di Kabupaten Manggarai.” Tambah Ibu Oche sapaan akrab ketua prodi D-III Kebidanan.

Pada kesempatan itu, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan David Djerubu, S.Fil.,MA menekankan tentang pelayanan yang bertanggung jawab dan disiplin.

“Mahasiswa atau calon tenaga kesehatan seperti bidan harus mengedepankan rasa tanggung jawab dalam memberikan pelayanan dengan memprioritaskan nilai kedisiplinan,” tegas Pater David.

Patrisia Laura Mempong, salah satu mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan capping day mengungkapkan rasa senang dan bahagianya setelah dikukuhkan.

“Saya senang dan mengucapkan terimakasih kepada para dosen kebidanan yang telah meresmikan kami hari ini sebagai mahasiswa bidan. Kegiatan capping day merupakan tanda bagi kami untuk benar-benar menajadi seorang mahasiswa bidan yang profesional. Janji hari ini sebagai bentuk penguatan kepada kami semua”, tutur Patrisia.

Reporter : Gonsa

LAINNYA