x

Kenali Tanda Baca dan Peran Redaksi, IWO Lampung Timur Gelar Pelatihan Jurnalistik

waktu baca 2 menit
Minggu, 14 Jul 2024 13:38 0 403 Redaksi Liputan 86

LAMPUNG TIMUR, L86News.com –Organisasi Ikatan Wartawan Online (IWO) Lampung Timur menggelar program Sekolah Jurnalistik IWO (SEJIWO) pada Minggu, (14/07/2024). Acara yang berlangsung di Kantor Sekretariat Bersama, Desa Sribhawono, Kecamatan Bandar Sribhawono ini bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia anggotanya dalam bidang jurnalistik.

Pelatihan ini dihadiri oleh Ketua Pengurus Wilayah (PW) IWO Lampung, Edi Arsadad, Ketua Pengurus Daerah IWO Lampung Timur, Andono, serta seluruh anggota IWO Lampung Timur. M. Choiri, pimpinan redaksi media L86news sekaligus Dewan Etik IWO Lampung Timur, menjadi pembimbing pelatihan tersebut.

Dalam sesi pelatihan, M. Choiri memberikan materi dasar terkait penulisan jurnalistik, termasuk penggunaan tanda baca dan teknik penulisan judul.

Anggota yang hadir tampak antusias mengikuti pelatihan ini, terutama pada topik teknik penulisan tanda baca dalam jurnalistik.

Menurut M. Choiri, pemahaman yang baik tentang tanda baca sangat penting karena produk jurnalistik yang berkualitas tidak lepas dari penggunaan tanda baca yang tepat.

“Penggunaan tanda baca yang benar sangat penting untuk menghasilkan karya jurnalistik yang baik,” ujar M. Choiri di hadapan para peserta.

Selain materi tentang tanda baca dan teknik penulisan judul, peserta juga melakukan diskusi terkait masalah-masalah yang sering mereka hadapi saat bertugas.

Pertanyaan yang paling banyak dibahas dalam diskusi tersebut adalah tentang tulisan yang telah terbit di media mendapat somasi.

M. Choiri menekankan bahwa produk tulisan wartawan yang telah diterbitkan di media menjadi tanggung jawab pimpinan redaksi.

“Kalau tulisan wartawan sudah terbit di media, itu sudah jadi tanggung jawab pimpinan,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan beberapa tugas seorang pimpinan redaksi, di antaranya bertanggung jawab terhadap isi redaksi penerbitan, kualitas produk penerbitan, memimpin rapat redaksi, memberikan arahan kepada tim redaksi, menentukan kelayakan berita, foto, dan desain untuk penerbitan, mengadakan koordinasi dengan bagian lain seperti Pemimpin Perusahaan, menjalin kerja sama dengan narasumber penting, serta bertanggung jawab terhadap pihak yang dirugikan atas pemberitaan.

“Dengan memahami fungsi seorang pimpinan redaksi ini, saya harap wartawan khususnya yang tergabung dalam IWO Lampung Timur bisa mengambil sikap saat hendak bertugas menulis di lapangan, dan dapat berkoordinasi lebih dulu dengan redaksi atau pimpinan,” jelasnya.

Pewarta: Mad


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x