x

Banjir Genangi 5 Kelurahan di Kota Bengkulu Surut, BPBD Tetap Siaga

waktu baca 1 menit
Senin, 8 Jul 2024 09:19 0 279 Redaksi Liputan 86

BENGKULU, L86News.com – Banjir yang melanda Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu pada Sabtu (6/7) pukul 06.00 WIB telah surut pada sore hari. Kendati demikian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu masih bersiaga di lapangan sebagai langkah antisipasi potensi banjir susulan.

Banjir akibat luapan sungai pascahujan deras yang mengguyur wilayah Kota Bengkulu ini menggenangi lima kelurahan antara lain Kelurahan Lingkar Barat, Kelurahan Dusun Besar, Kelurahan Tanah Patah, Kelurahan Nusa Indah, dan Kelurahan Pagar Dewa. Tercatat 243 Kepala Keluarga terdampak banjir.

Imbas dari genangan air yang cukup tinggi antara 50-100 sentimeter, sempat membuat 14 orang mengungsi. Meskipun demikian, saat ini para pengungsi telah kembali ke rumah masing-masing.

BPBD Kota Bengkulu langsung bergerak untuk melakukan evakuasi, kaji cepat, serta berkoordinasi dengan instansi terkait guna penanganan darurat banjir.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau warga Bengkulu untuk selalu waspada akan potensi bencana hidrometeorologi basah meskipun sedang berada pada periode kemarau.

Hal ini didasari oleh informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat di wilayah Provinsi Bengkulu hingga Minggu (7/7) mendatang. Jika terjadi hujan lebat lebih dari satu jam, warga dihimbau untuk evakuasi secara mandiri ke tempat yang lebih aman.

Reporter : Abdul


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x