x

Persiapan Upacara Bersejarah di IKN Nusantara

waktu baca 2 menit
Kamis, 4 Jul 2024 16:24 0 186 Redaksi Liputan86

IKN, L86News.com – Progres pembangunan infrastruktur tahap pertama di IKN hingga 27 Juni 2024 telah mencapai 90 persen dan dapat dimanfaatkan pada akhir Juli 2024.

Rona di wajah Camat Sepaku Gamaliel Abimanyu Arliandito makin bersinar saja. Ia tak sendirian karena Sandri Ernamurti pun mengalami hal sama.

Sandri adalah Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Penajam Paser Utara.

Perasaan serupa juga turut dirasakan oleh hampir 200.000 penduduk Penajam Paser Utara, satu dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur.

Mereka bersiap menjadi saksi sejarah karena saat 17 Agustus 2024 nanti di kabupaten seluas 3.333,6 kilometer persegi itu akan digelar Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi tingkat nasional yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo

Gamaliel menceritakan kesibukan yang terjadi hari-hari belakangan ini di mana semakin banyak orang yang memesan kamar hotel dan penginapan di sekitar Sepaku untuk keperluan upacara bersejarah tersebut.

Pasalnya, lokasi upacara berada di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang jaraknya paling dekat dengan Sepaku, yakni sekitar 15 kilometer.

Sepaku adalah satu di antara empat kecamatan di Penajam Paser Utara.

Dalam catatannya, ada 54 hotel dan penginapan tersebar di sekitar Sepaku dan seluruhnya sudah habis dipesan untuk 15 sampai 19 Agustus 2024.

“Kami tidak temukan ada kamar yang kosong untuk Agustus 2024,” ungkapnya dikutip, Kamis (4/7)

Pengakuan senada turut meluncur dari mulut Sandri yang menyatakan sebanyak 10 hotel dan penginapan di sekitar Kecamatan Penajam telah habis dipesan oleh sejumlah kementerian.

Calon tamu bahkan telah memesan kamar hotel sejak Maret-Mei 2024.

“Banyak calon tamu dari Jakarta hubungi hotel dan penginapan pesan kamar untuk hadiri upacara Kemerdekaan ke-79 RI di Kota Nusantara,” kata Sandri.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI akan dibagi dua, satu di Istana Kepresidenan IKN dan lainnya di Istana Merdeka Jakarta.

Jika upacara di IKN dipimpin oleh Presiden Jokowi, maka Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin akan bertindak sebagai pemimpin upacara di Istana Merdeka.

Presiden terpilih Prabowo Subianto akan hadir di IKN dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka hadir di Istana Merdeka.

Heru menyebut, perayaan HUT ke-79 RI di IKN menjadi momentum pelepasan status Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta ke Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

Sebuah seremonial tengah disiapkan khusus terkait momentum tersebut berupa melepas bendera dan duplikat naskah Proklamasi dari Monumen Nasional (Monas) ke Istana Merdeka Jakarta, kemudian menuju Istana Kepresidenan di IKN.

Bakal ada beberapa kegiatan sejak 1 Agustus hingga puncaknya pada 17 Agustus 2024

Reporter : Ris/Rls


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca