x

Komunitas Fox Hunting ARDF ORARI Banyumas LATBER Berburu Sinyal Radio

waktu baca 2 menit
Minggu, 23 Jun 2024 18:53 0 163 Redaksi Liputan86

BANYUMAS, L86News.com – Komunitas mini Fox Hunting Amateur Radio Direction Finding (ARDF) Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Banyumas Raya, melaksanakan latihan bersama (latber) mengasah kepekaan, ketrampilan, kecepatan dan ketepatan dalam berburu sinyal radio di kawasan Bumi Perkemahan Kendalisasa Kaliori, Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (23/06/2024) Pukul 07:30 – 15:30 WIB.

Kegiatan yang dinahkodai oleh YC2TKB dengan Pembina YD2KIL, dibuka oleh Ketua ORARI Lokal Kab Banyumas YB2ILU, dihadiri oleh komunitas fox hunting ARDF ORARI Banyumas Raya, masing-masing didamping unsur DPP, Ketua, Pengurus, Pembina, Kordinator tim dan para simpatisan, serta undangan lainnya.

Mini Fox Hunting ini merupakan salah satu kegiatan amatir radio yang membutuhkan ketahanan fisik, konsentrasi, dan keterampilan serta kejelian peserta di arena, dan juga sebagai sarana olah raga jalan kaki bersama dengan menempuh jarak kuranglebih 3 kilo meter.

Sinyal radio yang dipancarkan oleh 5 alat radio secara beraturan, diletakkan pada 5 titik ordinat yang berbeda-beda dan tersembunyi, dalam pantauan dan pengawasan panitia setiap titiknya.

Setiap peserta adalah seorang amatir radio, harus berusaha menemukan satu persatu titik lokasi ordinat dari sumber sinyal radio tersebut, dengan menggunakan alat khusus yang telah dirakit sendiri, dimodifikasi sendiri, dilengkapi dengan beberapa tambahan alat pendeteksi sinyal, sesuai dengan tingkat pengalaman masing-masing.

26 peserta anggota ORARI dari beberapa Kabupaten sekitar Banyumas, menjadi peserta latber perburuan sinyal radio, dari titik start memulai menelusuri semua ruas jalan, naik turun perbukitan, memasuki semak belukar, hingga jalan setapak di area Bumi Perkemahan Kendalisada.

Kegiatan latber kali, juga sebagai ajang silaturrahmi, temu kangen sesama anggota ORARI dan agenda rutin, sekaligus dapat membantu pemerintah dalam proses mencari sinyal radio gelap tak berizin yang menggunakan frekuensi radio, sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu sistem komunikasi milik pemerintah, apalagi pada saat kondisi tertentu atau darurat.

Kegiatan fox hunting, terus semakin digemari anggota ORARI, dan semakin sering dilombakan dalam setiap event yang digelar oleh para pemerhati komunitas radio amatir di seluruh wilayah Indonesia.

Nampak hadir dalam kegiatan, Unsur DPP, Ketua, Pengurus, anggota, simpatisan ORARI Lokal Kab Kebumen, Banjarnegara, Cilacap, Brebes, Purbalingga, Pemalang dan Banyumas, kegiatan terakhir pembagian doorpice, uang transport, saku dan pulsa bagi 3 peserta dengan waktu tercepat menemukan 5 titik mini fox hunting.

Untuk diketahui InSyaaAllah Komunitas fox Hunting ARDF ORARI Lokal kabupten Purbalingga direncanakan akan menjadi tuan rumah latihan bersama periode selanjutnya. Kegiatan ditutup dengan ramah tamah, foto bersama dan menikmati hidangan siang, sayonara.

Reporter : Djarmanto-YF2DOI


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca