x

Lelang Tol IKN Dari Bandara Sepinggan Balikpapan Dimulai, Pembangunan Dikerjakan Pada Agustus 2024

waktu baca 2 menit
Kamis, 20 Jun 2024 14:33 0 122 Redaksi Liputan86

IKN, L86News.com – Lelang pembangunan ruas tol Ibu Kota Nusantara (IKN) dari Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan akhirnya dimulai.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menganggar kan paket pembangunan jalan Tol IKN Seksi 1B Bandara Sepinggan-Tol Balsam ini senilai Rp 3,8 triliun.

Lelang kegiatan ini telah dimulai melalui tahapan pengumuman prakualifikasi sejak 14 hingga 21 Juni mendatang.

Berdasarkan laman LPSE PUPR yang dilihat pada Selasa (18/6) pukul 17.15 Wita, sudah ada sebanyak 28 peserta yang berminat untuk menggarap ruas tol yang akan menghubungkan Bandara SAMS Sepinggan dengan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) ini.

Secara paralel, tahapan saat ini adalah download dokumen kualifikasi sejak 14 sampai 24 Juni 2024.

Dengan pengampu Satuan Kerja Pelaksanaan Pembangunan IKN 2. Pembangunan Tol IKN Seksi 1B ini, menggunakan APBN tahun jamak, yakni APBN tahun 2024 dan 2045.

“Sesuai dengan rencana pembangunan IKN di Provinsi Kalimantan Timur, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur membangun Jalan Tol Seksi 1B Bandara Sepinggan – Tol Balsam.

Dengan output pembangunan jalan sampai perkerasan sepanjang kilometer yang dapat meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas dari Balikpapan menuju kawasan IKN,” tulis kerangka acuan kerja kegiatan yang diunggah pada laman tersebut.

Untuk tahapan penetapan pemenang dijadwalkan pada 19-24 Juli 2024, selanjut nya pengumuman pemenang pada 25 Juli 2024.

Dilanjutkan penandatangan kontrak pada 1 Agustus 2024.

Masa atau jangka waktu keseluruhan pelaksanaan pekerjaan dilaksanakan mulai tahun 2024 sampai dengan tahun 2025, dihitung sejak Tanggal Mulai Kerja sebagaimana ditetapkan dalam Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

“Dengan waktu yang disediakan untuk menyelesaikan pekerjaan Pembangunan Jalan Tol IKN Seksi 1B Segmen Bandara Sepinggan – Tol Balsam, kecuali pelaksanaan pemeliharaan kinerja jalan dan jembatan selambat lambatnya 510 hari kalender,” tutup kerangka acuan kerja tersebut.

Berdasarkan perencanaan sebelumnya, Seksi 1 Tol IKN akan menghubungkan Bandara SAMS Sepinggan dengan Seksi 5 Tol Balsam di Gerbang Tol (GT) Manggar sepanjang 7,01 kilometer.

Nantinya akan terkoneksi dengan Seksi 2 Tol IKN, yang merupakan ruas tol eksisting yang berada di Seksi 5 Tol Balsam di GT Manggar hingga Seksi 1 Tol Balsam di GT Karang Joang.

Reporter : Ris/Rls


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca