Minggu, 14 Jul 2024
x

Gagalkan Penyelundupan Narkoba, Lantamal X Sita 13,4 Kg Ganja

waktu baca 2 menit
Sabtu, 11 Mei 2024 11:25 0 17 Redaksi Liputan86

JAYAPURA, L86News.com – Tim XQR Satrol Lantamal X Jayapura berhasil menggagalkan penyelundupan barang ilegal berupa ganja seberat 13.4 Kg diduga berasal dari negara tetangga yaitu PNG.

Demikian di sampaikan Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, M.Tr. Opsla melalui Asops Danlantamal X Kolonel Laut (P) Yustus Nasarius Rossi didampingi Komandan Satrol Lantamal X Letkol Laut (P) Deddy Obet, M.Tr., Opsla, Jumat (10/5)

Pada konferensi pers di Mako Satrol Lantamal X Jalan Sam Ratulangi, Kelurahan Gurabesi, Distrik Jayapura Utara Jayapura Papua itu, Asops menjelaskan pengungkapan berawal saat Tim XQR Lantamal X gelar patroli rutin di perairan teluk Sudarso Jayapura. Kamis (9/5/2024).

“Tim XQR yang berangkat dari Dermaga Satrol Lantamal X dalam rangka Patroli Sektor di Perairan Jayapura hingga Perbatasan RI-PNG itu dekitar pukul 01.30 WIT, mendapat kontak visual adanya pergerakan 1 buah Long Boat dari Tanjung Jar menuju Hamadi,” jelasnya.

Saat di lakukan pemeriksaan dan penggeladahan, sambungnya, di temukan 6 orang WNI di dalam long boat dengan alasan hendak menghadiri acara duka keluarga di Hamadi Jayapura dan tidak di temukan barang terlarang. Long boat pun diijinkan pelayaran.

“Namun, ketika Tim XQR melanjut kan pelayaran kearah perairan perbatasan RI-PNG, secara visual Tim mecurigai adanya benda terapung di laut dan saat di periksa, ternyata sebuah tas dan 1 kantung plastik berisi ganja,” ungkapnya.

Curiga barang haram tersebut milik ke 6 WNI sebelumnya, Tim XQR Satrol Lantamal X begegas mengejar keberadaan long boat namun tak di temukan. “Barang bukti ganja tersebut setelah di timbang memiliki berat13.4 Kg,” terangnya.

Dijelaskan, para pelaku sudah terdokumentasi saat d periksa Tim XQR Lantamal X dan penyelidikan lebih lanjut di serah kan ke Polresta Jayapura.

“Soliditas TNI-POLRI dan BNNP Papua berkomitmen melakukan
pengejaran terhadap para pelaku dan membuka jaring peredaran ganja sekaligus menangkap mafia dibalik penyelundupan ganja di Jayapura,” pungkasnya.

Terpisah, Komandan Lantamal X menjelaskan keberhasilan operasi TNI dalam hal ini Lantamal X sebagai satuan kewilayahan di daerah tidak lepas dari sinergitas
TNI, Polri, Pemda, Kementrian terkait dan dukungan masyarakat

Reporter : Timo


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Subscribe to get the latest posts sent to your email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca