x

Pengamat Transportasi, Lalai Jaga Jarak Kendaraan di Jalan Tol Akan Picu Kecelakaan

waktu baca 2 menit
Minggu, 28 Apr 2024 10:52 0 22 Redaksi Liputan86

JAKARTA, L86news.com – Sejumlah faktor terjadinya kecelakaan lalu lintas antara lain datang dari kelalaian sang pengendara itu sendiri.

Pengamat masalah transportasi, AKBP Pur Budiyanto mencontoh kan ketika pengendara tidak menjaga jarak aman dan dalam kondisi mengantuk saat maka akan timbul insiden di jalanan.

“Jarak tidak aman dan mengantuk saat berkendara, bisa membawa maut,” kata Budiyanto kepada awak media baru-baru ini.

Maka dari itu, ia mengingatkan pengemudi untuk tetap fokus dalam memperhatikan jarak aman dengan kendaraan lain dan berhenti di Res Area beristirahat sejenak bila kondisi mengantuk, terutama saat melintas di jalan Tol.

“Cara berlalulintas yang benar terutama di jalan Tol adalah dengan cara memposisikan kendaraan dalam posisi aman antara, kendaraan satu dengan yang lain dan tidak dalam kondisi mengantuk,” jelasnya.

Dengan jarak aman, lanjutnya, berarti ada ruang yang cukup untuk bermanuver apabila kendaraan di depannya melakukan pengereman mendadak karena ada permasalahan trouble, accident atau kecelakaan.

Dengan jarak aman dan kondisi badan prima saat berkendara, masih kata Budiyanto, maka segala kemungkinan terjadinya tabrakan atau hal lain yang tak di inginkan bisa dicegah semaksimal mungkin.

“Ruang yang cukup dan kondisi badan yang prima memungkinkan manusia untuk berpikir jernih dan melakukan manuver untuk menghindar atau mengendalikan kendaraan dengan benar sehingga terhindar dari kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.

Reporter : Toni


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca